Sah !!, ANTEROACEH.com Terverifikasi Faktual Dewan Pers

Sah !!, ANTEROACEH.com Terverifikasi Faktual Dewan Pers
Dari kiri-kenan: Uci Setiawan wartawan wilayah Banda Aceh, Zulfikar Syarif Pemimpin Redaksi, Sirajul Munir Redaktur, Ilyas wartawan wilayah Abdya, Ihsan Yunadi Pemimpin Umum dan Fitria Akmal Wakil Pemimpin Redaksi.

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Dewan Pers kembali merilis hasil verifikasi faktual sejumlah perusahaan pers, Minggu (30/5/2021).

Salah satunya media yang lulus dan dinyatakan terverifikasi administrasi dan faktual oleh Dewan Pers adalah anteroaceh.com, media online yang berada di bawah naungan PT. Aceh Cipta Media (Atadia) dengan SK Kemenkum HAM nomor : AHU-0054872.AM.01.01.TAHUN 2017.

Proses verifikasi faktual anteroaceh.com berlangsung  27 Maret 2021 lalu oleh anggota Dewan Pers, Ahmad Djauhar di kantor redaksi anteroaceh.com di Jalan Rel Kereta Api Lama, komplek ATC, Desa Meunasah Manyang Pagar Air, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.

Proses verifikasi Faktual di kantor redaksi anteroaceh.com, anggota Dewan Ahmad Djauhar menerima berkas yang diserahkan Pimpinan Umum anteroaceh.com Ihsan Yunadi. 

Saat itu, Ahmad Djauhar memeriksa dengan rinci semua dokumen-dokumen yang sebelumnya telah diunggah ke website dewan pers sebagai syarat pengajuan verifikasi administrasi, dan atas syarat itu pula pada 22 Februari 2020 lalu anteroaceh.com  telah dinyatakan terverifikasi administrasi.

Baca: Dewan Pers Kunjungi Kantor anteroaceh.com

Sebagaimana diatur dalam Peraturan Dewan Pers Nomor 4 Tahun 2008 tentang Standar Perusahaan Pers, tahapan verifikasi dibagi menjadi dua, yaitu verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

Verifikasi administrasi meliputi pencatatan dan pemeriksaan atas dokumen-dokumen yang telah ada atau sudah diterima Dewan Pers saja.

Sedangkan verifikasi faktual menunjukkan bahwa Dewan Pers telah memeriksa semua persyaratan, seperti terkait dengan autentitas, orisinalitas dokumen, dan integritas obyek.

Maka, verifikasi faktual ini adalah uji kelayakan tahap akhir yang dilakukan Dewan Pers untuk membuktikan bahwa informasi yang diberikan perusahaan pers dapat dipercaya.

Pemimpin Umum ANTEROACEH.com, Ihsan Yunadi menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran redaksi yang selama ini sudah berkerja dengan baik dan solid.

Selain itu terimakasih juga disampaikan kepada pembaca dan mitra yang sudah mendukung kerja-kerja jurnalistik anteroaceh.com.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh pembaca setia, semoga ini awal yang baik untuk terus memberikan informasi yang akurat dan cepat,” harapnya.

Ihsan memastikan anteroaceh.com akan terus berbenah ke arah lebih baik mengikuti harapan pembaca yang bergerak dinamis.

“Insya Allah kita akan terus mengikuti perkembangan dan bergerak maju,” demikian Ihsan.

Komentar

Loading...