Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Rusak Diterjang Banjir, Wakil Menteri PUPR: 61 Miliar untuk Bendung Krueng Pase

Rusak Diterjang Banjir, Wakil Menteri PUPR: 61 Miliar untuk Bendung Krueng Pase

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Wempi Wetipo mengunjungi lokasi banjir di Aceh Utara,  Selasa (8/12/2020) siang. Termasuk melihat langsung bendungan Krueng Pase yang rusak diterjang banjir bandang sepekan lalu.

Pada kesempatan itu Wempi didampingi  Anggota Komisi V DPR RI, H. Ruslan M. Daud menegaskan di  tahun 2020, bendung Krueng Pase ini akan diperbaiki dengan dana tanggap darurat.

Sedangkan ditahun 2021 mendatang, akan dialokasi dana bersumber dari ABPN untuk dibangun secara permanen sehingga sanggup menampung debit air tinggi, terutama saat musim penghujan seperti saat ini.

“Tahun ini diperbaiki dulu dengan dana tanggap darurat dan tahun depan akan kita mulai perbaiki secara baik dan permanen,” ungkap Wempi kepada wartawan di bendungan Krueng  Pase di Gampong Leubok Tuwe, Meurah Mulia, Aceh Utara.

Selain ditemani Ruslan Daud, Wamen juga  didampingi Bupati  H Muhammad Thaib , Direktur preservasi Jalan, Akhmad Cahyadi, Kasubdit Wilayah I Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan, Elroy Koyari, serta Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatra, Ir. Djaya Sukarno.

Sementara itu, H. Ruslan M. Daud menjelaskan pembiayaan Bendung Krueng Pase dilakukan dengan kontrak multi years , dengan nilai Rp 61 miliar lebih bersumber dari APBN.

“Perbaikan fisik dilakukan bertahap selama dua tahun, Rp 30 miliar di tahun 2021 dan sisanya dianggarkan di tahun 2022. Saat inu sedang  proses finalisasi dokumen perencanaan teknis,” terang mantan Bupati Bireuen tersebut.

Menurutnya,sebelum proses perbaikan di tahun 2021 dilakukan, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera I akan mengambil  langkah-langkah penanganan sementara agar dalam waktu dekat, bendungan bisa mengairi sawah.

Usai melakukan kunjungan di bendungan, IAIN Malikussaleh dan sejumlah titik korban banjir, Wamen bertolak ke pendopo bupati di Kota Lhokseumawe dan dijamu makan malam.

Rencananya pada Rabu esok Wamen PUPR bersama rombongan menuju Aceh Timur untuk melihat langsung dampak banjir bandang di wilayah tersebut.

Komentar

Loading...