Rumah Warga Kuala Bate Abdya Diduga Dibakar ODGJ

Rumah Warga Kuala Bate Abdya Diduga Dibakar ODGJ

BLANGPIDIE - Rumah milik Daniah (34) warga Gampong Blang Makmur, Kecamatan Kuala Bate, Aceh Barat Daya (Abdya) terbakar, Jum’at (16/7/2021) dini hari sekitar pukul 02.30 WIB. Akibat kebarakaran itu  bagian dapur rumah semi permanen tersebut hangus.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Hafiddin melalui Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Kebakaran, Muhammad Rizal mengatakan, menurut informasi dari masyarakat kalau rumah tersebut dibakar oleh orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berinisial NR (31).

"Informasi yang kita terima dari warga memang rumah itu dibakar oleh NR yang merupakan adik kandung dari pemilik rumah," ungkap Rizal saat dikonfirmasi anteroaceh.com via telepon seluler.

Rizal menjelaskan, NR ini saat ini berdomisili di Aceh Jaya tempat istrinya. Kemudian, kata Rizal, sekitar seminggu yang lalu dirinya pulang ke rumah Ibunya yang berdekatan dengan rumah korban.

"Sebelum membakar rumah kakaknya, magrib kemarin sakitnya sedang kambuh, bahkan keterangan dari warga kalau NR ini pegang parang, dan juga sempat turun pihak kepolisian dari Polsek Kuala Bate," jelasnya.

Kemudian, kata Rizal, saat dilakukan pemandaman api oleh petugas BPBK, NR juga sedang memegang parang sehingga menghambat petugas dalam melakukan upaya pemadaman api. 

Namun, kata dia, berkat bantuan satu unit mobil damkar BPBK Abdya api berhasil dipadamkan  sekitar pukul 03.00 WIB.

"Karena sedikit jauh dari rumah warga lain, dalam peristiwa ini hanya rumah korban yang terbakar. Sementara NR menurut informasi yang kita terima tadi pagi sudah dibawa ke RSUTP Abdya untuk dibawa ke Banda Aceh," pungkasnya.

Iklan Bank Aceh Idul Adha 1442

Komentar

Loading...