Rumah Warga di Kedai Palak Kerambil Susoh Kembali Diterjang Abrasi

Rumah Warga di Kedai Palak Kerambil Susoh Kembali Diterjang Abrasi

BLANGPIDIE – Sejumlah rumah warga yang berada di pesisir pantai di Kedai Palak Kerambil, Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya (Abdya) rusak karena dihantam abrasi yang telah terjadi berulang kali.

Selain rumah beberapa warung yang berjualan di sepanjang bibir pantai jilbab juga mengalami kerusakan bahkan ada yang hanyut terbawa air laut.

Rizalul Akmal, salah seorang warga setempat mengatakan, bencana yang sudah menjadi rutinitas tahunan itu sampai saat ini belum ada penanggulangan apapun dari pemerintah.

"Bencana abrasi ini sudah setiap tahun terjadi, akan tetapi sampai saat ini belum ada upaya penanganannya," ungkap Akmal kepada anteroaceh.com, Selasa (13/7/2021).

Akmal berharap pemerintah segera membangun pengaman tebing untuk mengatasi abrasi tersebut mengingat sudah banyak rumah dan kantin warga yang rusak akibat terhempas air laut pasang.

"Kasian masyarakat disini, usai rumahnya rusak diterjang ombak besar, mereka perbaiki lagi kemudian setahun berselang gelombang tinggi yang mencapai 3 meter kembali merusak rumah mereka atau bisa kita bilang dalam setahun sekali mereka selalu membuat rumahnya akibat rusak diterjang ombak," jelasnya.

Sementara itu Kepala UPTD Pengelolaan Irigasi Wilayah V  Dinas Pengairan Aceh, Bambang Yusri menyebutkan, pihaknya akan melakukan pengecekan ke lokasi untuk memastikan tanggungjawab pembangunan tanggul pengaman di daerah itu. 

"Nanti kalau saya sudah di Abdya, kita turun dulu ke lokasi untuk melakukan pengecekan, apakah itu masuk wilayah kita, kalau memang masuk wilayah kita dan pembangunan pengamanan tebing itu darurat akan segera kita usulkan," katanya singkat.

Komentar

Loading...