RSUD Zubir Mahmud  Idi Rawat 9 Warga Keracunan Gas PT Medco

RSUD Zubir Mahmud  Idi Rawat 9 Warga Keracunan Gas PT Medco

IDI, ANTEROACEH.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zubir Mahmud masih merawat sembilan warga yang diduga keracunan gas dari aktivitas PT Medco E&P  di sumur Alue Siwah Serdang, Kecamatan Nurussalam, Jum'at (9/4/2021) pagi.

Direktur RSUD Zubir Mahmud dr Edi Gunawan saat dihubungi anteroaceh.com, menjelaskan ada sembilan warga asal Dusun CV 8, Gampong Panton Rayeuk, Kecamatan  Banda Alam yang dirawat. Seorang diantaranya harus mendapatkan rawatan khusus di ruang ICU.

“Gejalanya seperti keracunan gas, seperti muntah-muntah, mual dan pusing. Delapan pasien stabil, sedangkan seorang pasien kondisi sangat lemah, jadi harus mendapat rawatan khusus di ICU,” jelas Edi Gunawan.

Pihaknya belum bisa memastikan apakah yang diderita pasien adalah akibat keracunan atau akibat lain, karena  pihaknya masih menunggu hasil laboratorium.

Sementara itu dari sumber lain diperoleh, delapan warga yang dilarikan ke rumah sakit tersebut masing-masing, Mariana (38), Uska Anggraini (19), Idris Ismail (44), Hasanah (42), Maulida (14), Tiwaria (60), Supriati (33) dan Aminan (34).

Sedangkan informasi dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur  26 warga desa pedalaman tersebut terpapar gas dari aktivitas pembersihan sumur minyak di wilayah  Alue Siwah Serdang,  Nurussalam. Lokasi itu hanya   berjarak 1,5 kilometer dari dusun pemukiman warga itu.

Akibat kejadian itu  250  warga desa pedalaman itu mengungsi ke kantor Kecamatan Banda Alam. Warga belum mau kembali ke rumah sebelum pihak Medco dan pemerintah memastikan pemukiman mereka terbebas dari paparan gas beracun tersebut.

Komentar

Loading...