RSUD Aceh Singkil Siap Dukung Program PRB

RSUD Aceh Singkil Siap Dukung Program PRB

SINGKIL, ANTEROACEH.com – Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan Program Rujuk Balik (PRB) di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan melakukan evaluasi dan pemantapan PRB di Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Singkil, Kamis (27/5/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan, Direktur Rumah Sakit, Kepala Puskesmas dan Pimpinan Klinik Pratama/Dokter Praktik Perorangan serta Person In Charge (PIC) PRB.

Pada pertemuan tersebut, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan Teuku Mirza dalam paparannya menyampaikan ada beberapa kunci sukses dalam rekrutmen peserta PRB.

Diantaranya adalah adanya Komitmen Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) dan PIC di rumah sakit, serta adanya edukasi yang tepat kepada Peserta PRB.

Kemudian diperlukan juga awareness petugas pelayanan, Peserta yang tepat sesuai dengan kriteria 3B (benar diagnosa tersebut masuk kategori PRB, benar pasien dalam kondisi stabil, dan benar obat yang akan diterima masuk kategori PRB) serta baiknya koordinasi data ke penyedia layanan berikutnya untuk memastikan ketersediaan obat yang dibutuhkan.

“Tidak semua pasien yang berobat di RS bisa terdaftar sebagai peserta PRB, karena PRB merupakan pelayanan kesehatan yang hanya diberikan kepada mereka yang menderita penyakit kronis tertentu dan telah dinyatakan kondisinya stabil oleh dokter spesialis/subspesialis di FKRTL namun yang bersangkutan masih butuh pengobatan jangka panjang di FKTP oleh karena itu PIC PRB FKRTL harus benar-benar melakukan validasi 3B sebelum mendaftarkan peserta PRB,” jelas Mirza.

Kegiatan evaluasi dan pemantapan PRB ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran FKRTL dalam pelaksanaan PRB. PIC PRB yang akan mendaftarkan peserta penderita penyakit kronis melalui aplikasi harus memastikan bahwa peserta tersebut layak terdaftar PRB.

Pasien penyakit kronis yang dapat masuk dalam PRB adalah penyakit diabetes militus, hipertensi, jantung, asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), epilepsy, skizofrenia, stroke, dan sindroma lupus eritematosus.

Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Aceh Singkil, Darul Amany mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya maksimal dalam memastikan bahwa peserta yang didaftarkan dalam PRB adalah peserta yang sesuai dengan kriteria dimaksud, sehingga tujuan dari program ini dapat tercapai.

“Tujuan PRB ini adalah untuk mempermudah peserta dengan penyakit kronis yang telah ditetapkan stabil oleh DPJP dalam mendapatkan obat satu bulan di FKTP tanpa harus berobat ke RS, oleh karenanya program ini harus kita dukung dan kita optimalkan bersama,” terang Darul.

Komentar

Loading...