Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

RS Kesrem Lhokseumawe  Miliki Laboratorium PCR, Oktober Sudah Bisa Uji Swab

RS Kesrem Lhokseumawe  Miliki Laboratorium PCR, Oktober Sudah Bisa Uji Swab

LHOKSEUMAWE,ANTEROACEH.com- Kepala Kesehatan Kodam Iskandar Muda (Kakesdam IM), Kolonel Ckm. dr. Ismi Purnawan  meresmikan Mess dan Laboratorium Polymerase Chain Reaction (Lab PCR) Rumah Sakit Kesrem Lhokseumawe, Senin (28/9/2020).  Akhir Oktober ini  sudah bisa digunakan  untuk uji sampel swab.

Ismi Purnawan kepada anteroaceh.com  mengatakan mess dua lantai memiliki lima kamar  diperuntukkan khusus untuk  tenaga medis yang menangani pasien Covid-19. Apalagi saat ini  rumah dinas  sangat kurang untuk dijadikan  hunian bagi tenaga medis Kesrem.

Sedangkan untuk Lab PCR, bangunannya sudah selesai, hanya saja masih menunggu peralatan tiba dari pusat. 

“Mess kita sediakan untuk tenaga medis nantinya. Karena rumah dinas TNI sangat kurang sekali. Kemudian untuk laboratorium sudah selesai, hanya menungg tiba peralatan saja,” terangnya.

Menurutnya nanti ada dua Lab PCR di Lhokseumawe, di Kesrem dan satunya lagi bantuan dari  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yaitu Lab dari Kontainer.

“Kita harapkan dengan adanya Lab PCR di Lhokseumawe ini bisa  mempercepat untuk memutus penularan  Covid-19. Sehingga jumlah pasien yang dirawat pun akan menurun dan angka kematian akan menurun. Itulah harapan pemerintah pusat kepada kita,” ujar Ismi.

Ismi menambahkan untuk mengoperasikan Lab PCR di Rumah Sakit Kesrem Lhokseumawe, pihaknya juga akan berkolaborasi dengan pemerintah daerah. 

Acara peresmian itu juga  dihadiri Sekda Lhokseumawe, T. Adnan, Kadis Kesehatan Lhokseumawe, Said Alam Zulfikar, Dandenkesyah IM 04.01, Letkol. Ckm. Wawan Supandi, SKM., S.Kep., M.Kes. sedangkan  Danrem 011/Lilawangsa diwakili Kasilog Letkol Inf. Mujamil, dan Kepala Rumah Sakit Kesrem Lhokseumawe, Mayor Ckm. dr Arif Puguh Santoso SpPD Mkes

Komentar

Loading...