Ribuan Orang Shalat Jenazah Abu Paloh Gadeng

Ribuan Orang Shalat Jenazah Abu Paloh Gadeng

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Ribuan masyarakat dari berbagai elemen memadati area Dayah Madinatuddiniyah Darul Huda, Gampong Paloh Gadeng, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Rabu (16/12/2020) untuk melaksanakan shalat jenazah ulama kharismatik almarhum Tgk H Mustafa bin Abi Ahmad yang meninggal dunia tadi pagi di RSU Zainal Abidin Banda Aceh.

Jenazah Abu Paloh Gadeng tiba di  dayah pada pukul  16.30 WIB, setelah beberapa jam perjalanan dari Banda Aceh. Jenazah Abu sempat disemayamkan beberapa saat. Kemudian tepat pukul 17.40 WIB baru dishalatkan di masjid dalam dayah dipimpin langsung oleh putra almarhum Tgk H Zunuwanis.

“Shalat jenazah sudah dilaksanakan dipimpin anak pertama almarhum Tgk H Zunuwanis, saat ini sedang berlangsung prosesi pemakaman,” ungkap Sekretaris MPU Aceh Utara Tgk Muzakir Fuad.

Menurutnya,  shalat jenazah harus dilakukan bergiliran, karena banyak sekali masyarakat  dari berbagai daerah tiba untuk melayat. Sehingga jemaah shalat yang tidak tertampung di dalam masjid harus shalat di pekarangan mesjid. Tidak hanya warga dan santri, banyak tokoh dan pejabat juga hadir.

Sebelum tiba di rumah duka,  jenazah wakil ketua MPU Aceh Utara tersebut sempat dishalatkan di Dayah Madinatuddiniyah Babussalam, Blang Blah Deh, Bireuen. Shalat jenazah dipimpin langsung oleh Abu Tumin yang tak lain guru almarhum.

Komentar

Loading...