Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Realme Narzo 10, Ponsel Murah Dengan Kamera 48MP

Realme Narzo 10, Ponsel Murah Dengan Kamera 48MP

ANTEROACEH.com - Sangat menarik untuk mengetahui apakah Realme Narzo 10 bisa menjadi smartphone terbaik di harga dua jutaan? Yup, sangat mungkin! Nama baik Realme di pertaruhkan untuk keluaran ponsel terbarunya kali ini, dengan spesifikasi beserta fitur kamera andalannya, tak di pungkiri lagi kali Realme di prediksi akan memperoleh penjualan yang signifikan untuk pasar ponsel smartphone murah. Dan ini adalah Realme Narzo 10 yang merupakan penawaran lain dalam kategori smartphone murah untuk pasar di tanah air.

Dengan hadirnya Narzo 10, Realme bertujuan menawarkan 'Next level camera', 'A class processor', 'Remarkable Battery', 'Zenith of design', dan 'Outstanding display', dan itu yang disingkat dengan Narzo.

Realme bertaruh besar dengan seri baru ini dengan mengklaim menawarkan pengalaman terbaik di pilar utama untuk menjadi smartphone ideal dalam kisaran harganya. Apakah harga dua jutaan worth untuk ponsel ini? Mari kita ukur apakah ponsel ini layak untuk di beli. Tapi pertama, lihat spesifikasinya:

Spesifikasi Realme Narzo 10

  • Tampilan HD + 6,5 inci dengan resolusi 720 x 1600
  • Prosesor MediaTek Helio G80
  • RAM dan Penyimpanan 4GB + 128GB
  • Kamera Kamera belakang: 48MP + 8MP + 2MP makro + 2MP monokrom Depan: 16MP 
  • Baterai 5.000 mAh dengan pengisian cepat 18W
  • Harga Prediksi 2.3 - 2.5 juta rupiah

Kamera Realme Narzo 10
Baik, anggap saja ponsel tersebut cukup baik dari segi harga meski tidak ada yang luar biasa kecuali dalam urusan resolusi kameranya. Realme Narzo 10 mampu memotret gambar dengan hasil luar biasa pada siang hari berkat sensor utamanya yang memiliki resolusi 48MP, dengan fokus yang dan menggunakan pixel-binning untuk memberikan hasil bidikan 12MP. 

Anda mendapatkan hasil foto terperinci dan tanpa adanya saturasi yang berlebihan. Ada beberapa contoh di mana hijau sedikit agak jenuh, terutama ketika subjeknya sejajar dengan matahari. Secara keseluruhan, gambar-gambar hasil bidikan Realme Narzo 10 cukup akurat, terutama kinerja kamera utamanya pada siang hari.

Kinerja kamera utama Realme Narzo 10 dalam cahaya rendah juga cukup memuaskan. Meski akan tampak beberapa noise dan sedikit kurang detail, terutama di area bayangan. Namun keseluruhan masih sangat baik.

Ada Mode Malam khusus, yang membutuhkan waktu sekitar empat detik untuk menangkap beberapa pemotretan dari eksposur yang berbeda untuk memberikan gambar cahaya rendah yang lebih baik pula. Namun, jangan berharap banyak peningkatan kualitas disini karena adanya noise dan agak kurang detail dalam foto Mode Malam ini.

Realme Narzo 10 juga memiliki kamera 8MP 119 derajat ultra wide yang akurasi warna yang sama dengan kamera utamanya. Ada sejumlah distorsi di sepanjang tepinya, tetapi hal tersebut cukup umum dan biasa terjadi di sebagian besar ponsel dengan kamera ultra lebar. Rentang dinamisnya juga cukup bagus.

Kamera makro Realme Narzo 10 dengan resolusi 1600 x 1200 2MP cukup fungsional untuk memotret gambar jarak dekat tetapi sebaiknya anda tidak mengharapkan detail yang tajam. 

Untuk urusan selfie, tersedia kamera depan sebesar 16MP yang bertempat di dalam mode bergaya tetesan air (water drop). Smartphone Realme cenderung menghasilkan selfie berkualitas baik dan tipe Narzo 10 ini tidak berbeda pula. Hasil foto selfienya cukup percaya diri.

Memnonaktifkan mode beauty dan anda akan mendapatkan hasil foto selfie yang hampir nyata dengan detail yang cukup terutama ketika mendapat cukup cahaya. Deteksi tepi dalam bidikan potret cukup baik tetapi bokehnya sangat agresif dan terlihat kurang alami.

Kinerja Bagus dan Baterai Gajah
Narzo 10 di jejali prosesor 2.0GHz MediaTek Helio G80 octa-core dengan Mali G52 GPU. Prosesor G-series MediaTek biasanya ditargetkan untuk para gamer yang menginginkan kinerja maksimal dari smartphone mereka.

Narzo 10 memang memberikan kinerja yang mulus dalam banyak penggunaan. Saat bermain PUBG, tampakt beberapa frame drop di sana-sini tapi itu masih sangat minim dan wajar terutama mengingat harga yang anda bayar. Khususnya, Realme Narzo 10 tidak sehebat yang anda harapkan jika dibandingkan dengan smartphone lain dengan prosesor Helio G90T yang lebih tangguh. 

Anda tidak akan menemukan masalah apa pun saat menggunakan telepon untuk keperluan sehari-hari seperti interaksi di media sosial, bermain game ringan seperti Ludo King atau Subway Surfer, dll. Dan juga dipastikan  tidak memiliki keluhan terkait dengan masa pakai baterainya.

Baterai gajah dengan kapasitas 5.000 mAh memang luar biasa dan dapat dengan mudah bertahan selama satu atau dua hari tergantung penggunaan anda. Dan juga tanpa adanya dukungan kecepatan refresh dan resolusi terbatas pada HD +, maka bisa di pastikan perangkat ini akan menawarkan usia baterai yang lebih baik. Meskipun pengisi daya cepat 18W yang disertakan dalam fiturnya, namun perangkat ini membutuhkan waktu antara satu setengah hingga dua jam pengisian daya dari nol hingga 100 persen melalui USB Type-C. 

Dengan RAM sebesar 4GB, Realme Narzo 10 menawarkan memori buffer yang cukup untuk memastikan multitasking yang mulus. Aplikasi masih tetap berjalan normal di saat anda meninggalkannya. Namun beberapa aplikasi akan benar-benar ditutup otomatis ketika anda membuka aplikasi kamera atau PUBG Mobile.

Realme UI  Mendapat Acungan Jempol
Realme Narzo 10 mendapatkan fitur Android 10 terbaru dengan beberapa tambahan yang disesuaikan dari Realme. Sementara UI baru hadir dengan bloatware yang lebih sedikit tetapi ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang sudah diinstal sebelumnya. Anda juga akan melihat banyak aplikasi yang direkomendasikan Realme saat menyiapkan perangkat anda, yang dapat anda lewati atau anda pasang nantinya.

Untuk fitur yang mencegah penutupan atau penangguhan aplikasi di latar belakang. Realme UI menyediakan fitur 'Lock App' Color OS 7, yang mencegah penangguhan atau penutupan aplikasi apa pun juga.

Untuk bagian multitasking, ketuk pada dua titik di bagian atas aplikasi dan pilih 'Kunci'. Dengan begitu, bahkan ketika anda menghapus semua aplikasi yang berjalan di RAM, smartphone ini tidak akan menutup aplikasi yang terkunci, dan juga menghindari penangguhan.

Ada banyak fitur lain seperti kustom style untuk ikon aplikasi seperti Fitur keren lain dari Realme UI adalah gaya ikon. Oppo custom skin menawarkan tiga gaya ikon yang berbeda, standar, persegi panjang, dan pebble, yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan preferensi pengguna. Anda juga dapat menekan pengaturan dan memilih untuk menyesuaikan ukuran ikon yang ada.

Desain bagus, Display Masih Kurang
Realme mengklaim bahwa Narzo 10 adalah puncak dari desain. Meskipun desain ini rasanya belum pasti pada puncaknya, Narzo 10 memang terlihat dipoles manis dan cukup bagus, setidaknya di bagian belakang. Warna dilengkapi dengan lapisan matte di bagian belakang, yang merupakan desian yang mendapat acungan jempol karena sangat membantu untuk menghindari noda sidik jari.

Bagaimanapun juga, akan lebih merekomendasikan untuk menggunakan case yang tersedia di dalam kotak. Ada perlindungan Corning Gorilla Glass 3 juga tetapi sebaiknya tidak mengambil risiko menguji ketahanan ponsel tersebut.

Tombol daya dan volume ditempatkan di kedua sisi dan cukup nyaman untuk dijangkau meskipun dengan rasio aspek 20: 9 yang tinggi. Di bagian bawah, tersedia port USB Type-C di antara mic dan grille speaker tunggal. Realme Narzo 10 cukup tebal di ukuran 9mm dan beratnya di bawah 200 gram.

Terus di mana pemindai sidik jari? Realme memilih pembaca sidik jari untuk dipasang di bagian belakang yang relatif lebih tradisional, cukup cepat mendeteksi dan membuka kunci. Kamera belakangnya sedikit agak tebal yang bisa membuat ponsel bergoyang pada permukaan datar tapi hal itu bisa dihindari dengan penggunaan kasing.

Bagian depannya memiliki bezel yang cukup tebal, yang membuat Narzo 10 tertinggal dalam pengejarannya untuk mencapai 'puncak desain' yang di klaimnya.

Dan yang mengecewakan di sini adalah layar HD+ untuk smartphone dengan harga dua jutaan ini. Ada beberapa smartphone lain dengan harga yang tidak jauh berbeda yang menawarkan tampilan Full HD+. Ini berarti bahwa anda tidak dapat melakukan streaming konten dalam resolusi 1080p di Netflix atau Prime Video karena layar 6,5 inci-nya tidak mendapatkan sertifikat WideVine L1. Hal ini seharusnya tidak menjadi masalah untuk memutar video YouTube dan platform video lainnya yang memberikan resolusi video pada 480p.

Layarnya cerah dan cukup nyaman pada penggunaan di luar ruangan. Kamera depan juga berfungsi ganda untuk membuka kunci via pengenalan wajah. Tetapi, face unlock tidak akan berfungsi jika anda memakai masker. 

Putusan Final
Realme Narzo 10 berhasil memenuhi semua syarat untuk sebuah ponsel murah di harga dua jutaan. Tentu saja, dilihat dari keseluruhan, anda mendapatkan prosesor yang layak, sistem kamera yang mumpuni, dan daya tahan baterai yang luar biasa. Ponsel ini sangat cocok untuk anda yang menginginkan kinerja maksimal dari perangkat yang stylish dengan anggaran yang tidak terlalu besar. 

Namun, Narzo 10 memiliki tantangan dari rekannya sendiri, yakni Realme 6 yang harganya sedikit lebih tinggi. Anda juga dapat memilih Xiaomi Redmi Note 9 Pro. Kedua smartphone ini juga mengemas spesifikasi yang lebih baik dan desain modern dengan menambah sedikit budget anda. Prediksi harga resmi Realme Narzo 10 di kisaran 2.3 - 2.5 juta rupiah.

Komentar

Loading...