Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Rawan Karhutla, Polres Abdya Akan Tindak Pelaku Jika Tidak Indahkan Aturan   

Rawan Karhutla, Polres Abdya Akan Tindak Pelaku Jika Tidak Indahkan Aturan   
Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution, SIK saat diwawancarai oleh sejumlah awak media usai acara Focus Group Discussion (Foto: Ilyas/anteroaceh.com).

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com - Kebakaran Hutan Lahan (Karhutla) hingga saat ini masih sering terjadi di beberapa wilayah di Aceh, terlebih lagi saat musim kemarau.

Berdasarkan informasi, kebakaran hutan juga sering terjadi di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Bahkan, beberapa pekan yang lalu, ada empat titik terjadi Karhutla di Kabupaten Breuh Sigupai itu.

Kapolres Abdya, Muhammad Nasution, SIK mengatakan, jika karhutla terus dibiarkan secara liar, maka akan merusak ekosistem hutan dan tingkat kesuburan tanah juga berkurang.

"Jadi kalau hutan sudah rusak, kesuburan tanah mulai berkurang, sehingga anak cucu kita nanti akan sulit dan susah dalam mengelola tanah untuk bercocok tanam," ungkap Nasution usai membuka Focus Group Discussion yang berlangsung di Aula Kantor UPTD Disdik Abdya, Jalan Bukit Hijau, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten setempat, saat diwawancarai sejumlah awak media, Kamis (16/7/2020).

Dalam upaya pencegahan Karhutla, kata Nasution, pihaknya akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat supaya saat membuka lahan agar tidak terlalu liar dalam membakar hutan maupun lahan.

"Jika memang ada masyarakat masih tidak mengindahkan, tentunya ada upaya hukum yang akan kita lakukan, tapi Alhamdulillah sejauh ini kita masih berupaya memberikan sosialisasi kepada masyarakat, sebelum mereka kita proses secara hukum,” jelasnya.

Kapolres Abdya juga menyebutkan, pada tahun 2019 lalu, ada satu orang yang diproses hukum akibat Karhutla.

Dengan demikian, kata Nasution, pihaknya berharap kedepan masyarakat semakin sadar untuk selalu menjaga kelestarian alam.

"Ditahun 2020 ini, ada juga satu orang yang diproses hukum karena terlibat Karhutla.," pungkas Nasution.

Komentar

Loading...