Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Ratusan Rumah di Aceh Selatan Tergenang Banjir

Ratusan Rumah di Aceh Selatan Tergenang Banjir

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Akibat hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur sejak Senin (27/7) sore, ratusan rumah di Kabupaten Aceh Selatan terendam banjir, selain itu banjir juga menyebabkan erosi.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma mengatakan kondisi hujan yang terus turun mengakibatkan bertambahnya intensitas air sungai dan drainase permukiman masyarakat sehingga mengakibatkan banjir dan erosi di beberapa lokasi.

Banjir merendam 871 rumah yang tersebar di 18 desa di empat kecamatan yakni; Trumon Tengah, Kota Bahagia, Kluet Timur dan Kluet Tengah.

Di Kecamatan Trumon Tengah, desa yang terandam banjir yaitu Gampong Teungoh, Gampong Pulo Paya dan Gampong Ladang Rimba.

"Penyebab banjir di lokasi tersebut karena saluran tidak maksimal menampung debit air dan banjir membawa material longsoran bebatuan dari hulu sehingga mengakibatkan tersumbatnya saluran Box Culver di jalan lintas Tapaktuan - Medan di Gampong Teungoh," terang Cut Syazalisma saat dihubungi anteroaceh.com, Selasa (28/7/2020).

Cut Syazalisma melanjutkan kecamatan yang terkena dampak banjir lainnya Kecamatan Kluet Timur disana banjir disebabkan akibat luapan air sungai. Banjir merendam Gampong Lawe Bulu Didi, Gampong Lawe Cimanok dan Gampong Lawe Sawah.

Sementara di Kecamatan Kluet Tengah terjadi erosi sungai yang mengakibatkan rumah Keuchik Siurai-urai rusak.

"Akibat bertambahnya debit air Sungai Kluet mengakibatkan terjadinya erosi di Gampong Siurai-Urai dan merusaknya sebuah rumah warga bernama Zairin Amin yang merupakan Keuchik Gampong Siurai-Urai," terangnya.

Ia melanjutkan Kecamatan Kota Bahagia juga ikut terendam banjir luapan Sungai Bakongan dengan jumlah terdampak 10 Gampong yaitu; Gampong Alur Dua Mas, Gampong Beutong, Gampong Bukit Gadeng,Gampong Rambong, Gampong Gunong Rayek, Gampong Gunong Cut, Gampong Jambo Keupok, Gampong Seuneubok Alur Buloh, Gampong Seuneubok Keuranji dan Gampong Ujong Tanoh.

"Akibat kejadian tersebut, sebanyak 871 unit rumah terendam banjir luapan dan 1 rumah rusak, dan tim sudah turun ke lokasi untuk melakukan beberapa upaya mendesak," pungkas Kalak BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma.

Komentar

Loading...