Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Ratusan  Relawan  Dilatih Penanggulangan Bencana Alam di Daerah Rawan

Ratusan  Relawan  Dilatih Penanggulangan Bencana Alam di Daerah Rawan

LHOKSEUMAWE, ANTEROACEH.com - Prajurit Korem 011/Lilawangsa melatih penanggulangan bencana alam bagi  ratusan relawan gabungan dari berbagai lembaga  asal Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe  di lokasi titik paling rawan banjir di Matang Kuli, Aceh Utara.

Kegiatan latihan berupa pola simulasi di area tanah lapang di Gampong Parang Siekurung, Aceh Utara. Desa itu merupakan salah satu daerah yang sering sekali terendam banjir dari beberapa desa lainnya.

Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro melalui Kasi Ops Mayor Inf Andri Sagita Putra menerangkan, peserta latihan adalah relawan dari berbagai lembaga tanggap bencana diantaranya, SAR, BPBD, Dinas Sosial, PMI Mahasiswa , Pramuka, Rapi dan juga jurnalis.

“Pelatihan kita gelar langsung  dititik rawan bencana banjir , tujuannya agar relawan mampu menyerap materi dengan baik dan siap terjun jika sewaktu-waktu terjadi bencana,” jelas Mayor Inf Andri Sagita, kepada anteroaceh.com, Jumat (20/11/2020).

Menurutnya kegiatan di Matangkuli tersebut bagian latihan lapangan , karena sebelumnya sudah diberikan materi secara teori di Makorem di Lhokseumawe.

Menurutnya, Aceh, khususnya wilayah Korem 011/Lilawangsa terutama Aceh Utara , Lhokseumawe dan wilayah tengah Aceh sangat rawan bencana alam, seperti kebakaran hutan, lahan, puting beliung, gempa bumi dan tanah longsor.

“Data BNPB pada tahun  2020 telah terjadi 2059 bencana alam di seluruh di Indonesia, Aceh satu dari lima provinsi paling  rentan , seperti di Aceh Tengah dan Bener Meriah sering terjadi longsor, Aceh Utara dan Lhokseumawe kerap banjir,” jelasnya.

iklan grapela dan tangga seribu
Iklan Batu Berlayar dan masjid tuo

Komentar

Loading...