Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Puskesmas Tapaktuan Masuk Nominator Puskesmas Terbaik Tingkat Nasional

Puskesmas Tapaktuan Masuk Nominator Puskesmas Terbaik Tingkat Nasional

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Puskesmas Tapaktuan, Aceh Selatan berhasil meraih penghargaan sebagai 3 terbaik Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kategori Puskesmas Tahun 2020 dalam ajang BPJS Kesehatan Award Tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada Rabu, 14 Oktober 2020 besok.

BPJS Kesehatan memberikan penghargaan kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Adapun hasil penilaian awal terhadap seluruh FKTP se Indonesia, Puskesmas Tapaktuan, berhasil meraih penghargaan sebagai 3 terbaik Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kategori Puskesmas Tahun 2020 berdasarkan kriteria yang ditentukan.

Adapun kriteria penilaian yaitu Penerapan Protokol Kesehatan di Era Kebiasaan Baru, menjaga status Kesehatan peserta yang berisiko pada masa wabah Covid 19, kinerja faskes yang dinilai berdasarkan rasio rujukan dan kontak rate serta mutu FKTP yang dilihat berdasarkan penilaian peserta terhadap Layanan yang diterima di fasilitas kesehatan.

“Ditengah Pandemi Covid 19, Puskesmas Tapaktuan tetap berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta JKN-KIS melalui penerapan protokol kesehatan sampai penggunaan media teknologi informasi yang telah dibangun oleh BPJS Kesehatan seperti Mobile JKN Faskes untuk melayani peserta. Penghargaan yang kami dapatkan merupakan hasil kerja keras dari seluruh elemen Puskesmas dan tentunya dukungan dari Dinas Kesehatan”, ujar Kepala Puskesmas Tapaktuan, Risva yang didampingi Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan, Asfurina dalam kegiatan Penilaian Pendalaman oleh Tim Juri Pusat di ruang rapat Kantor BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan melalui video confrence, Jum'at (9/10/2020)

Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, Maya A. Rusady menyampaikan bahwa pada dasarnya seluruh Fasilitas Kesehatan di seluruh Indonesia memiliki visi yang sama dalam hal memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS sesuai dengan regulasi yang ada.

“Yang menarik dari Puskesmas Tapaktuan adalah Program Inovasi Manis Manja (Jumat Prolanis bersama Wedang Jahe) yang mana merupakan kolaborasi antara Program Prolanis (Pengelolaan Penyakit Kronis) dan Program Kesehatan Tradisional (Kestrad). Inovasi ini memanfaatkan Tanaman Obat Keluarga (Toga) Puskesmas yaitu tanaman jahe yang kemudian diolah menjadi minuman wedang jahe untuk disuguhkan kepada seluruh peserta yang berkunjung setiap hari Jumat”, terang Maya.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Novi Rosmita yang ditemui secara terpisah menjelaskan, bahwa pihaknya berharap ajang ini menjadi motivasi kepada seluruh puskesmas yang ada di Aceh Selatan sehingga akan mendorong semua pihak untuk melakukan upaya untuk berinovasi dalam pelayanan sehingga masyarakat akan mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan standar dan mutu.

Komentar

Loading...