Puluhan Warga Miskin Korban Tsunami di Lancok Aceh Utara Belum Dapat Bantuan Rumah 

Puluhan Warga Miskin Korban Tsunami di Lancok Aceh Utara Belum Dapat Bantuan Rumah 

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Puluhan kepala keluarga miskin korban bencana alam gempa dan tsunami di Gampong Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara belum mendapatkan bantuan rumah dari pemerintah.Hal itu diungkap Hamdani Panglima Laot Aceh Utara yang juga warga desa setempat. Menurutnya saat ini, sekitar 50 kepala keluarga korban tsunami  masih tinggal rumah-rumah sementara dan terpaksa menghuni rumah saudara. 

Menurutnya, mereka sangat layak mendapat bantuan, karena bagian dari korban bencana besar itu. ditambah lagi, 16 tahun lalu tepatnya 26 Desember 2004,  Lancok salah satu daerah  pesisir paling parah terkena bencana tsunami, sedikitnya 218 jiwa meninggal dunia.  

“Dulu mereka  berstatus KK dempet alias menumpang di rumah keluarga. Namun sudah dijanjikan akan mendapat bantuan rumah oleh Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR). Tapi sampai saat ini bantuan itu belum juga ada,” jelasnya.

Ia juga mengatakan,sejumlah program kegiatan pemberdayaan untuk masyarakat nelayan korban Tsunami dan bantuan rehabilitasi lingkungan nelayan di kawasan Lancok juga belum direalisasikan pemerintah sampai saat ini.

“Masyarakat nelayan di tempat kami ini juga dijanjikan agar diberdayakan dengan program produksi garam, tapi itu juga tidak terwujud,” ujarnya.

Hamdani meyakini kejadian serupa juga terjadi di beberapa desa lain di kawasan tersebut. Ia berharap, bantuan-bantuan tersebut segera diwujudkan agar persoalan itu tidak terus berlarut dan membuat masyarakat semakin kecewa.

Recananya, pada Sabtu besok, masyarakat Lancok akan menggelar acara zikir memperingati 16 tahun Tsunami. Acara akana digelar dengan sederhana dan hanya dihadiri masyarakat desa sekitar dan keluarga korban bencana.

Komentar

Loading...