Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Puluhan Rumah di Aceh Barat Rusak Akibat Banjir Rob

Puluhan Rumah di Aceh Barat Rusak Akibat Banjir Rob

MEULABOH, ANTEROACEH.com – Puluhan rumah mengalami kerusakan akibat luapan air laut pasang dengan tinggi air mencapai 80-100 sentimeter pada Sabtu (11/7/2020). Selain itu sebanyak 437 Kepala Keluarga di lima gampong Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat juga ikut terdampak.

Kalak BPBD Aceh Barat, Dr Mukhtaruddin memaparkan gampong yang terdampak pasang rob itu Gampong Pasir, Gampong Belakang, Gampong Suak Indrapuri, Gampong Ujong Kalak dan Gampong Suak Ribee.

"Total keseluruhan yang terkena dampak sebanyak 437 KK dengan total 1.641 jiwa, sementara untuk wilayah Gampong Suak Ribee dampak pasang terjadi di sejumlah cafe di pinggir laut," terang Dr. Mukhtaruddin saat dikonfirmasi anteroaceh.com, Sabtu malam di Meulaboh.

Selain itu, sebanyak 80 unit rumah di tiga dusun yang terletak di Gampong Pasir dilaporkan mengalami kerusakan dengan data yang tercatat sebanyak 14 unit rumah alami rusak sedang di Dusun Satu, kemudian 2 unit rusak berat dan 26 unit rumah rusak ringan di Dusun Dua dan 38 unit rumah lainnya di Dusun Tiga ikut terdampak banjir rob.

Dr. Mukhtaruddin menambahkan, selain rumah dampak dari meluapnya air laut tersebut juga mengakibatkan sepanjang jalan di empat gampong tersebut tidak bisa dilalui kendaraan yang mengakibatkan sejumlah aktifitas ribuan masyarakat terganggu karena air memasuki rumah mereka.

Puluhan personil gabungan Tanggap Darurat Aceh Barat dikerahkan ke lokasi untuk melakukan pengecekan rumah masyarakat yang terkena luapan air laut dan mengevakuasi masyarakat yang tinggal dipinggir laut ke Posko Darurat BPBD Aceh Barat di Lapangan Teuku Umar dan sebagian di tempat keluarganya.

"Untuk kondisi terkini, air banjir rob masih mengenangi rumah warga dan jalan. Masyarakat yang terkena luapan juga sedang berupaya menyelamatkan barang-barang mereka," tutup Mukhtaruddin.

Komentar

Loading...