Puluhan Angkutan Umum dan Pribadi Dipaksa Putar Balik di Aceh Jaya, Termasuk Sepeda Motor

Puluhan Angkutan Umum dan Pribadi Dipaksa Putar Balik di Aceh Jaya, Termasuk Sepeda Motor
(Foto: ist)

CALANG, ANTEROACEH.com - Sejak diberlakukannya larangan mudik lebaran tahun 2021 mulai Kamis (6/5/2021) kemarin, sudah puluhan kendaraan baik angkutan umum maupun pribadi dipaksa putar balik ketika hendak melintasi wilayah Kabupaten Aceh Jaya

Kapolres Aceh Jaya AKBP Harlan Amir melalui Kabag Ops Kompol Asyhari Hendri mengatakan larangan mudik tersebut berlaku untuk angkutan umum beserta pemudik sesuai dengan Surat Edaran dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 13 Tahun 2021 dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19.

"Sampai dengan saat ini, mungkin lebih kurang ada sekitar tujuh puluh mobil baik mobil pribadi maupun angkutan umum yang sudah kita suruh putar balik," ucap Kompol Asyhari saat dihubungi anteroaceh.com, Jum'at (7/5/2021) siang

Dikatakan Asyhari, pihaknya telah mendirikan dua pos penyekatan di dua lokasi berbeda yaitu di Lamno dan Teunom. Sementara di bagian tengah yang berlokasi di Calang terdapat pos pelayanan. 

Adapun pemeriksaan tersebut, sebut Kabag Ops dilakukan dengan cara kendaraan diberhentikan dan diperiksa bawaannya di setiap pos penyekatan. Apabila didapati membawa tas, koper dan segala macam barang untuk mudik, baik itu kendaraan umum atau pribadi, bahkan kendaraan roda dua akan diperintahkan untuk putar balik.

"Kecuali orang sakit, mobil ambulans yang membawa pasien, sembako, petugas TNI/Polri atau pegawai yang memiliki surat tugas keluar daerah yang kita beri izin lewat," tambahnya

Ia juga mengatakan pihaknya tidak menanyakan surat rapid antigen, namun jika di cek suhunya tinggi maka akan dilakukan rapid test di tempat, karena pihaknya juga telah menempatkan petugas kesehatan di setiap pos.

Adapun pos penyekatan tersebut akan dijaga pihaknya selama 24 jam dan diberlakukan mulai dari tanggal 6-17 Mei 2021 mendatang.

"Kita izinkan lewat jika hanya antar kecamatan, namun yang tidak boleh antar kabupaten," pungkas Kabag Ops Polres Aceh Jaya, Kompol Asyhari Hendri.

Komentar

Loading...