Program TMMD Ke 110 Kodim 0107/Aceh Selatan Resmi Ditutup

Program TMMD Ke 110 Kodim 0107/Aceh Selatan Resmi Ditutup

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com - Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 110 Kodim 0107/Aceh Selatan Tahun 2021 yang di laksanakan di Desa Krueng Kluet Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan resmi ditutup.

Penutupan dilakukan oleh Kepala Staf Ahli (Kapoksahli) Kodam Iskandar Muda Brigjen TNI Bambang Idrayanto yang berlangsung di Gedung Inong Kabupaten Aceh Selatan, Rabu (31/03/2021).

Dalam acara ini juga, turut hadir Bupati Aceh Selatan Tgk Amran, Forkopimda Aceh Selatan, Para Kepala Dinas terkait, Muspika Kecamatan Kluet Utara, kepala Mukim Sejahtera, Kades Desa Krueng Kluet, Kampung Tinggi dan Kampung Paya.

Prosesi penutupan juga diikuti dengan penandatangan naskah serah terima dari Dandim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf M. Yusuf, S.I.Kom selaku Dansatgas TMMD ke 110 Kodim 0107/Aceh Selatan kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan yang diterima langsung oleh Bupati.

Dalam laporannya, Dansatgas TMMD ke 110 memaparkan bahwa pelaksaan kegiatan TMMD di Desa Krueng Kluet dan Kampung Tinggi terlaksana dengan maksimal dan seluruh sasaran fisik serta non fisik tercapai dengan hasil 100%.

Dikatahui, dalam program TMMD ke 110 di wilayah Kodim 0107/Aceh Selatan ini memiliki sasaran fisik berupa pembukaan badan jalan sepanjang 850 Meter, pembuatan 3 titik talud jalan, 1 unit jembatan, 2 unit Box saluran air dan rehap Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 4 unit.

Sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan Narkoba, Posyandu, Posbindu, pertanian, Wawasan Kebangsaan, pengobatan masal serta pelatihan pertanian.

"Kesemua itu telah kita kerjakan dan dilaksanakan dengan hasil 100%," tutur Dandim.

Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Achmad Basuki dalam amanatnya  yang di bacakan oleh Kapoksahli Pangdam IM mengatakan, upacara penutupan sekaligus menandai berakhirnya program TMMD ke-110 yang dilaksanakan serentak di tiga Kabupaten/Kota di wilayah Kodam Iskandar Muda.

TMMD sebagai salah satu wujud operasi bakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI/Polri Kementerian atau lembaga Pemerintah non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat.

Tujuannya guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terpencil dan daerah lain yang terkena akibat bencana alam.

Selama hampir saty bulan sejak kegiatan TMMD ini secara resmi dibuka pada pada 2 Maret 2021 yang lalu, para prajurit TNI anggota kepolisian a serta segenap komponen masyarakat telah bekerja keras guna menyelesaikan program TMMD ini.

TMMD yang diprogramkan dan telah dilaksanakan ini juga bertujuan membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan sasaran fisik maupun non fisik. 

"Hal ini tentunya memiliki tujuan yakni memantapkan kemanunggalan TNI rakyat dalam rangka menyiapkan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh sejalan dengan tema TMMD kali ini tmmd "Wujud Sinergi Membangun Negeri," kata Panglima Kodam Iskandar Muda.

Diharapkan, program TMMD melalui sasaran fisik dan non fisik dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Aceh Selatan, serta semakin membangkitkan semangat gotong royong bersama dalam membangun daerah.

Sementara itu, Bupati Aceh Selatan selaku Kepala Daerah juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada TNI khususnya Kodim 0107/Aceh Selatan yang telah membhaktikan diri terhadap wilayah Aceh Selatan melalui kegiatan TMMD.

"Program TMMD ini merupakan program yang langsung bersentuhan dan dapat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat. Begitu juga, adanya pembangunan sasaran fisik dalam kegiatan TMMD dapat dapat meningkatkan perekonomian masyarakat aceh selatan.

"Untuk itu, kami selaku kepada daerah dan mewakili masyarakat khususnya warga Desa Krueng Kluet dan Kampung Tingggi mengucapkan terimakasih kepada TNI. Apa yang telah dilaksanakan ini benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," tutup Bupati.

Komentar

Loading...