Prodi HPI STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh Raih Akreditasi B dari BAN-PT

Prodi HPI STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh Raih Akreditasi B dari BAN-PT
Tim Borang Prodi Hukum Pidana Islam, STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh (Foto: ist)

MEULABOH, ANTEROACEH.com  - Program Studi Hukum Pidana Islam (HPI), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tengku Dirundeng Meulaboh mendapatkan akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sebelumnya Prodi HPI berstatus C, dan nilai akreditasi  B diperoleh setelah dilaksanakan visitasi oleh Tim Asesor BAN-PT secara daring  pada tanggal 17-18 Maret 2021 lalu.

Ketua Prodi HPI, Syaibatul Hamdi, MH, Selasa (6/4/2021) mengatakan, pencapain itu tidak terlepas dari kerja keras banyak pihak, mulai dari tim borang hingga pimpinan kampus STAIN.

“Prestasi dan pencapaian ini tentu tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim Borang akreditas Prodi maupun Jurusan, dukungan Pimpinan Sekolah Tinggi, dukungan pimpinan Jurusan, dukungan para stakeholder, mahasiswa bahkan  pengguna alumni,” ujar  Syaibatul Hamdi.

Syaibatul berharap, apa yang telah diperoleh hari ini bisa menjadi awal baik bagi perkembangan Prodi HPI ke depannya. 

Menurut Syibul, akreditasi sangat penting bagi kampus, mahasiswa dan juga alumni, karena status itu menjadi tolak ukur standar mutu dari sebuah program studi.

“Kita berharap, ini menjadi awal yang baik bagi Prodi HPI untuk terus berupaya meningkatkan kualitas, sehingga  mampu menghasilkan lulusan terbaik yang mampu bersaing dan memberikan kontribusi bagi agama dan Negara,” harapnya.

Sementara itu, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. Inayatillah, M.Ag mengucapkan selamat kepada Prodi HPI. Menurutnya, peralihan status dari C ke B itu secara otomatis akan memberikan nilai tambah yang posiif bagi kampus.

"Raihan ini tentunya akan memberikan dampak  yang baik bagi kampus. Sebab, akreditasi dari BAN-PT merupakan jaminan bahwa program studi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan," ujar Inayatillah.

Ina menjelaskan, saat ini STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh memiliki 12 Prodi, sembilan diantaranya sudah terakreditasi B. Sedangkan sisanya  saat ini masih dalam proses.

Untuk itu ia meminta kepada semua pihak yang terlibat dalam proses itu, untuk terus berpacu memperjuangkan apa yang telah menjadi cita-cita seluruh civitas akademika STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh.

"Kita harus terus berjuang, mewujudkan cita-cita bersama untuk menjadikan STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh menjadi kampus unggul, yang menjungjung tinggi nilai-nilai keislaman," tutup Inayatillah.

Komentar

Loading...