Pospera Minta Pemkab Abdya Segera Bagi Lahan Eks PT. CA 

Pospera Minta Pemkab Abdya Segera Bagi Lahan Eks PT. CA 
Ketua Pospera Abdya, Hermansyah.

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat Daya (Abdya) diminta segara membagikan lahan eks PT Cemerlang Abadi (CA) yang terletak di Gampong Cot Seumantok, Kecamatan Babahrot kepada masyarakat sesuai peruntukannya.

Hal itu diungkapkan Ketua Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Abdya, Harmansyah melalui siaran pers yang diterima anteroaceh.com, Selasa (22/6/2021).

Selain itu Herman juga mendesak lembaga DPRK untuk segera mengeluarkan rekomendasi yang diperlukan untuk percepatan pembagian lahan dimaksud.

"Proses pembagian lahan eks HGU PT. CA ini sudah berlarut-larut sehingga menjadi tanda tanya di masyarakat karena itu kita mendesak Pemkab segera membagikan lahan tersebut dan DPRK juga kita minta segera memberikan rekomendasi atau sejenisnya agar proses pembagian lahan itu segera bisa dilaksanakan," harapnya.

Menurut Harmansyah, setelah keluarnya keputusan Mahkamah Agung melepaskan sebahagian lahan HGU menjadi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) malah proses yang sebelumnya berjalan menjadi melambat seiring bergantinya anggota dewan di parlemen.

"Usai lahan ini menjadi objek TORA kita belum pernah melihat anggota dewan di periode sekarang menyuarakan hal tersebut, kalau pun ada hanya personal saja, bukan atas nama lembaga,” tandasnya.

Harmansyah berharap anggota dewan dapat terlibat secara kelembagaan supaya bisa mendukung upaya eksekutif untuk membagi lahan tersebut sesuai dengan peruntukannya.

Sebab, katanya, dulu eksekutif dan legeslatif sama-sama berjuang agar lahan eks PT. CA dapat dibagikan kepada masyarakat dengan catatan tidak memperpanjang HGU perusahaan swasta tersebut. 

"Ketika lahan ini sudah dilepas, maka peran legislatif sekarang adalah mendorong pemerintah agar secepatnya membagikan lahan itu kepada masyarakat dengan memberikan rekomendasi secara kelembagaan, sehingga proses pembangian lahan itu segera terealisasi," pungkasnya.

Iklan Bank Aceh Idul Adha 1442

Komentar

Loading...