Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Polisi Tetapkan Dua Warga Sumut Jadi Tersangka Penyelundup Rohingya di Lhokseumawe

Polisi Tetapkan Dua Warga Sumut Jadi Tersangka Penyelundup Rohingya di Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE, ANTEROACEH.com - Polres Lhokseumawe telah menetapkan dua warga asal Tebing Tinggi, Sumatera Utara sebagai tersangka penyelundupan Rohingya yang menghuni Kamp BLK Kandang, Lhokseumawe.

Hal itu diungkap Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto melalui Kasat Reskrim Iptu Yoga Panji Prasetya, Selasa (10/11/2020).

Menurut Yoga, JM (30) dan seorang ibu rumah tangga NF (40) terbukti berupaya menyelundupkan seorang wanita Rohingya bernama Dilkayas dari kam imigran sementara Rohingya  BLK Kandang, Kecamatan Muara Dua Lhokseumawe pada Kamis pekan lalu.

“Keduanya telah kita tetapkan sebagai tersangka upaya penyelundupan manusia atau People Smuggling  sesuai pasal 120 Undang-udang Keimigrasian RI tentang penyelundupan manusia,” jelas Kasat.

Saat ini keduanya sudah ditahan dan masih diperiksa secara intensif. Sedangkan satu warga Tebing Tinggi lainnya SS (42), hanya diperiksa sebagai saksi, karena belum terbukti terlibat aksi tersebut.

“SS tidak tahu menahu dengan kejadian itu, dia hanya diajak tersangka jalan-jalan ke Lhokseumawe. sedangkan kedua tersangka mendapat perintah dari seorang pria Rohingya yang tinggal di  Malaysia, untuk menjemput Dilkayas di Kamp pengungsian, namun upaya itu gagal setelah keduanya diciduk anggota TNI dan diserahkan ke kita ,” sebut Yoga.

Saat ini jelas Kasat Reskrim, pihaknya sedang berkoordinasi dengan Polda Aceh untuk melakukan pengembangan kasus tersebut mengingat seorang tersangka lainnya berada di Malaysia.

Sebelumnya dikabarkan, pada Kamis (5/11/2020)  tiga   warga  Sumatera Utara ditangkap anggota TNI Kodim 0103 Aceh Utara saat hendak membawa kabur wanita Rohingya bernama Dilkayas dari penampungan Rohingya di BLK Kandang,  Kota Lhokseumawe.

Penangkapan berawal dari kecurigaan anggota TNI  yang sedang melakukan pengamanan Rohingya tiba-tiba   melihat  seorang wanita   lalu lalang di luar pagar Kamp, tepatnya  di jalan rel disamping Masjid Assyura, Meunasah Mee , Lhokseumawe  sekitar pukul 19.00 WIB. 

Saat didekati , wanita  tersebut berusaha kabur. kemudian dikejar akhirnya berhasil ditangkap dengan mudah. Dari hasil pengembangan, petugas berhasil menangkap dua tersangka lainnya.

Berdasarkan kartu identitas ketiganya, adalah JM (30). SS (42) dan seorang wanita NF (40). Mereka  berangkat dari Tebing Tinggi pada Rabu (4/11/2020) menggunakan Avanza putih dengan plat  polisi palsu. 

Setelah sempat diamankan di Makodim 0103 Aceh Utara, ketiga warga Sumut itu akhirnya diserahkan ke polisi untuk ditindak lebih lanjut.

iklan grapela dan tangga seribu
Iklan Batu Berlayar dan masjid tuo

Komentar

Loading...