Update COVID-19 Aceh

0 ODP
0 PDP
0 Positif
0 Meninggal
0 Sembuh

-

Sumber: -

Polisi Amankan Tujuh Penambang Emas Ilegal di Aceh Barat  

Polisi Amankan Tujuh Penambang Emas Ilegal di Aceh Barat  
Satuan Reskrim Polres Aceh Barat mengamankan tujuh pelaku tindak pidana tambang emas ilegal (ilegal Mining) di Gampong Gleng, Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat

MEULABOH, ANTEROACEH.com – Satuan Reskrim Polres Aceh Barat mengamankan tujuh pelaku tindak pidana tambang emas ilegal (ilegal Mining) di Gampong Gleng, Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat, Selasa (23/6/2020) sekitar pukul 17.50 WIB.

Kapolres Aceh Barat AKBP Andrianto Argamuda melalui Kasat Reskrim AKP Parmohonan Harahap, mengatakan penangkapan itu dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat setempat tentang adanya aktivitas penambangan emas ilegal.

 "Setelah melakukan penyelidikan di lapangan, ternyata informasi tersebut benar adanya. Dihari itu langsung kita kerahkan anggota ke lokasi untuk melakukan serangkaian upaya hukum penangkapan tujuh tersangka yang saat itu sedang bekerja," terang Parmohonan, Rabu( 24/6/2020) siang.

Selama bekerja, ketujuh pelaku menggunakan satu unit alat excavator (beko) merk Hitachi warna orange, dan satu set Alat Penyaring Emas.

Setelah melakukan penangkapan, petugas menyuruh salah seorang pelaku untuk membuka karpet asbuk dan mencucinya serta mengendang pasir dari karpet tersebut.

“Ditemukan butiran emas hasil dari mengendang yang kemudian dimasukkan ke dalam botol aqua bercampur dengan pasir dan air,” tambahnya.

Atas perbuatannya, ketujuh pelaku terjerat pasal 158 UU. RI. No. 4 Tahun 2009, tentang Pertambangan Mineral dan Barubara dengan ancaman hukuman sepuluh tahun paling lama dan denda paling banyak Rp. 10 Miliar, serta diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun enam bulan.

"Saat ini ketujuh pelaku beserta barang bukti, yaitu satu unit alat berat excavador dengan kunci, satu botol aqua sedang berisi emas, satu set Asbuk dan satu buah alat indang emas di amankan di Mapolres Aceh Barat," pungkas AKP Parmohonan

Komentar

Loading...