Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Polda Aceh Tangkap Tiga Pelaku Penipuan Modus Paket Proyek Rumah Dhuafa

Polda Aceh Tangkap Tiga Pelaku Penipuan Modus Paket Proyek Rumah Dhuafa

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com – Polda Aceh berhasil mengamankan tiga orang pelaku tindak pidana penipuan dan penggelapan dengan modus menjanjikan pengerjaan proyek rumah dhuafa di Aceh.

Tiga pelaku yang ditangkap berinisial RZ, MLK dan JK yang diduga sebagai otak pelaku.

Kabid Humas Polda Aceh Ery Apriyono didampingi Direskrimun Sony Sonjaya saat konfrensi pers di Mapolda, Rabu (2/12/2020) mengatakan dalam menjalankan aksinya para pelaku mengaku dari Kementerian PUPR.

Ery menerangkan, kasus itu berawal saat tersangka menawarkan pekerjaan proyek pembangunan rumah dhuafa kepada MN (pelapor) sebanyak 20 unit di wilayah Aceh.

Ternyata dari penyelidikan polisi korban dari tersangka bukan hanya MN namun ada 16 korban lainnya yang juga dijanjikan hal serupa.

“Saat menjanjikan pekerjaan tersebut kepada korban MN, para pelaku saat itu mengatasnamakan Kementerian PUPR untuk mengelabui korban,” beber Ery.

Setelah berhasil mengelabui korban, tersangka RZ meminta sejumlah uang untuk biaya Surat Perintah Kerja (SPK) dengan nominal Rp. 4 juta per SPK dikalikan jumlah rumah sebanyak 20 unit.

Namun ternyata SPK, RAB dan gambar proyek yang diperlihatkan RZ kepada korban adalah bodong, sementara proyek pekerjaan rumah dhuafa tersebut tidak ada sama sekali.

Akibat penipuan itu korban MN dan 16 korban lainnya menderita kerugian sebesar Rp.230 juta.

“Namun dari jumlah itu korban hanya bisa menyerahkan bukti ke polisi sebesar Rp68 juta sedangkan dana sebesar 162 juta tidak dapat diperlihatkan buktinya,” jelasnya.

Korban yang merasa ditipu akhirnya melaporkan perkara tersebut kepada pihak SPKT Polda Aceh.

“Semua tersangka saat ini sudah amankan di Mapolda Aceh untuk mempertanggungjawabkan, ketiga pelaku akan dijerat dengan pasal 378 dan pasal 372 KUHP tentang tidak pidana penipuan dan penggelapan,” pungkas Ery.

Komentar

Loading...