Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Plt. Gububernur Aceh: Gebrak Masker "Ingat Covid-Ingat Masker"

Plt. Gububernur Aceh: Gebrak Masker "Ingat Covid-Ingat Masker"

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Pemerintah Aceh akan melaksanakan kampanye pemakaian dan pembagian masker ke seluruh pelosok desa di seluruh kabupaten/kota di Aceh, Jum'at (4/9/2020) mendatang.

Kampanye yang dinamakan Gerakan masker Aceh (GEMA) itu merupakan salah satu langkah yang diambil Pemerintah Aceh dalam upaya menekan peningkatan kasus positif Covid-19 di Aceh.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bahkan sudah menyampaikan perihal ini kepada bupati dan walikota di Aceh dalam surat bertanggal 25 Agustus 2020.

“Kegiatan ini dilaksanakan di 6.497 gampong, 4.044 masjid dan melibatkan 289 kecamatan yang dibagi dalam 54 wilayah dengan koordinator para kepala SKPA serta didukung oleh 94 UPTD dan 808 Kepala SMA/SMK/SLB,” ujar Nova dalam suratnya.

Ditambahkan Nova, kegiatan Gebrak Masker Aceh itu juga akan diisi dengan sejumlah kegiatan lain, seperti pemasangan spanduk berisi ajakan memakai masker dan penyampaian materi ‘pentingnya pakai masker untuk cegah penularan covid-19’ di setiap mimbar khutbah Jum’at. Bahkan dalam kegiatan itu nantinya Nova menekankan kepada masyarakat, "Ingat Covid-Ingat Masker".

Menindaklanjuti hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Taqwallah sudah memberikan arahan kepada Sekda Kabupaten/Kota, Camat, Kepala Puskesmas hingga Kepala SLTA se-Aceh dalam rangka persiapan kegiatan Gebrak Masker.

Arahan tersebut disampaikan Sekda melalui video conference yang dilakukan dari Ruang Rapat Sekda Aceh, Rabu, (26/8/2020). Hal itu dilakukan dalam rangka koordinasi untuk menyukseskan agenda kemanusiaan tersebut.

Kegiatan itu akan disukseskan oleh 1.431 pejabat struktural, 289 Camat, 808 Kepala SLTA, 199 Da’i perbatasan, 4.400 pendamping desa, 359 Kepala Puskesmas, dan 2.823 Polindes.

“Kegiatan ini kita lakukan tanpa mengeluarkan biaya. Semua kita lakukan mandiri. Oleh karena itu, kita yang terlibat hari ini harus menunjukkan peran dan kemampuan atas amanat yang kita pegang, ” kata Taqwallah kepada seluruh peserta Vidcon tersebut.

Sekda mengatakan, angka kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan di Aceh. Menurutnya, disiplin memakai masker menjadi salah satu cara paling mudah dan murah dalam pencegahan Covid-19. Cara tersebut, kata dia, terbukti ampuh di berbagai negara.

“Kita hari ini adalah insan yang mendapat amanah untuk melindungi masyarakat Aceh. Oleh sebab itu, bagaimana pada tanggal 4 September nanti kita semua harus bergerak,” pungkas Taqwallah.

Komentar

Loading...