Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

PlayStation 5 Resmi Launching, Desain Futuristik Full HD

PlayStation 5 Resmi Launching, Desain Futuristik Full HD

ANTEROACEH.com - Sony akhirnya membuka tirai misteri dengan mengungkap desain PlayStation 5 dalam sebuah acara live streaming. Konsol PS5 memiliki controller baru yang akan disertakan dalam kotak. PS5 sendiri berdiri secara vertikal, seperti Xbox Series X yang dirancang untuk ditempatkan secara dinamis, dan akan mencakup dua versi: PS 5 dengan drive 4K Blu-ray dan Digital Edition murni. Varian PS5 tanpa drive optik terlihat jauh lebih tipis daripada model biasa, berkat penghapusan drivenya.

Ketiadaan drive berarti Edisi Digital PS5 akan lebih murah, tetapi Sony belum menyebutkan harga resmi. Sony hanya mengungkapkan desain, tetapi perusahaan tersebut belum memberikan tanggal rilis atau harga yang pasti untuk kedua varian PS5.

Sama seperti Xbox Series X, PS5 dapat ditempatkan secara vertikal atau horizontal di bawah TV atau monitor. Sony telah membangun dudukan yang berfungsi untuk kedua orientasi, dan perusahaan ini menggunakan apa yang tampak seperti dudukan yang sedikit berbeda pada Edisi Digital PS5 ini. Bagian atas unit PS5 tampaknya juga memasukkan ventilasi untuk pembuangan panas, dengan port USB-A dan USB-C di bagian depan.

Sony juga telah menciptakan sejumlah aksesoris untuk PS5, termasuk stasiun DualSense, kamera HD baru, headset nirkabel Pulse 3D, dan remote media. Sony belum mengumumkan harga untuk salah satu aksesorisnya, atau apakah semuanya akan diluncurkan bersama konsol PS5 baru.

Desain perangkat keras Sony PS5 muncul beberapa bulan setelah Microsoft mengungkapkan tampilan mirip PC dari konsol generasi berikutnya, Xbox Series X pada bulan Desember 2019.

Sony, seperti halnya Microsoft, secara perlahan menyediakan lebih banyak informasi tentang PS5 generasi berikutnya dalam beberapa bulan terakhir. Konsol akan ditenagai oleh CPU AMD Zen 2 core delapan dan GPU AMD RDNA 2 custom. Sony mengumumkan spesifikasi PS5 pada bulan Maret, dan chip AMD khusus akan memberikan daya 10,28 teraflops menggunakan frekuensi variabel pada CPU dan GPU.

Untuk perbandingan kecepatan, Xbox Series X yang baru-baru ini diungkap tampaknya mengalahkan upaya Sony, meskipun kedua konsol secara efektif didasarkan pada prosesor AMD dan arsitektur grafis yang sama. Konsol Microsoft, bagaimanapun juga menawarkan prosesor delapan-core pada 3,8GHz, GPU dengan 12 teraflops dan 52 unit komputasi masing-masing clock pada 1,825GHz, 16GB dari GDDR6 RAM, dan 1TB SSD.

Salah satu pembaruan teknis terbesar pada PlayStation 5 sudah diumumkan tahun lalu: PS5 beralih ke penyimpanan SSD untuk hard drive utama konsol ini, yang menurut Sony akan menghasilkan waktu pemuatan yang jauh lebih cepat. Demo sebelumnya menunjukkan tingkat pemuatan Spider-Man dalam waktu kurang dari satu detik di PS5, dibandingkan dengan kira-kira delapan detik yang dibutuhkan pada PS4.

Sony juga menggunakan solusi SSD eksklusif untuk meningkatkan waktu pemuatan game. SSD akan menyediakan penyimpanan 825GB dan kinerja 5,5GB/s. Sony mengharuskan semua game di install ke dalam SSD internal untuk menggunakan kecepatan baca maksimal. Epic Games baru-baru ini memberikan demonstrasi teknologi Unreal 5 yang menakjubkan yang berjalan di PS5, memamerkan pemuatan aset 8K sinematik dan efek pencahayaan dinamis. PS5 juga akan mendukung grafis 8K, grafik 4K pada kecepatan refresh 120Hz dan audio 3D.

PS5 tidak hanya terbatas pada SSD saja. tetapi memiliki dukungan untuk hard drive USB, tetapi opsi penyimpanan yang lebih lambat yang dapat diperluas ini dirancang terutama untuk game PS4 yang kompatibel. Juga akan menampilkan drive 4K Blu-ray yang diumumkan sebelumnya dan masih akan mendukung disk, tetapi game-game tersebut masih membutuhkan instalasi ke SSD internal. SSD khusus di dalamnya menggunakan NVMe SSD standar, memungkinkan untuk peningkatan di masa mendatang, tetapi anda masih membutuhkan SSD yang dapat memenuhi standar spesifikasi tinggi Sony di sini, setidaknya dengan kecepatan 5,5 GB/s.

Sony juga mengumumkan pengontrol DualSense PS5 pada 7 April. Kontroler ini memiliki pemicu adaptif, umpan balik haptic, dan tombol buat baru yang dirancang untuk berbagi konten permainan. Seperti pengontrol DualShock perusahaan, D-pad dan tombol akan tetap berada di bagian atas pengontrol sementara dua stik analognya berada di bagian bawah. DualSense juga akan memiliki touchpad yang dipasang di tengah dan bilah lampu yang didesain ulang yang berada di setiap sisi touchpad.

PS5 juga akan mendukung lebih dari 4.000 judul game PlayStation 4 yang ada saat ini. Dan Ubisoft sudah mengatakan bahwa Assassin's Creed Valhalla menuju ke PlayStation 5 sementara saat ini ada 24 game yang menyertai peluncuran PlayStation 5. Tertarik memiliki konsol game terbaru dari Sony ini? Prediksi harga PlayStation 5 berkisar di varian 5 sampai 8 juta rupiah.

Komentar

Loading...