Pilchiksung di Abdya Resmi Ditunda, 152 Gampong Diminta Usulkan Nama Pj   

Pilchiksung di Abdya Resmi Ditunda, 152 Gampong Diminta Usulkan Nama Pj   

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com – Pemilihan Keuchik secara Langsung (Pilchiksung) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) resmi ditunda hingga tahun 2022 akan datang.

Penundaan pesta demokrasi ditingkat Gampong tersebut berdasarkan surat Bupati Akmal Ibrahim tanggal 16 Maret 2021 Nomor 14/308/2021 tentang usulan Pejabat (Pj) Keuchik.

Atas penundaan itu, Bupati melalui suratnya meminta 152 Gampong di Sembilan Kecamatan di Abdya mengusulkan nama-nama calon Pj Keuchik untuk mengisi kekosongan kepemimpinan hingga tahun 2022 akan datang.

“Berkaitan dengan hal tersebut, kami minta kepada saudaa untuk dapat mengusulkan nama-nama calon Pejabat Keuchik di wilayah kerja saudara dengan memperioritaskan unsur Aparatur Sipil Negara (ASN), Seketaris Gampong, atau apabila tidak ada dari unsur tersebut dapat diusulkan dari perangkat gampong atau tokoh masyarakat Gampong,” ungkap Akmal melalui surat tersebut.

Pengusulan nama-nama calon PJ Keuchik dapat diserahkan pada  bagian Umum Setdakab Abdya  paling lambat tanggal 30 Maret 2021.

Untuk diketaui, pembahasan penundaan Pilchiksung serentak sudah terjadi beberapa bulan terakhir ini. 

Musyawarah pemerintah Abdya dengan Polres Abdya, Kejari, Dandim 0110 Abdya, DPRK Abdya dan Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Abdya juga sudah pernah dilaksanakan sebelumnya, namun tidak membuahkan hasil.

Alasan utama penundaan karena pemkab Abdya tidak mengalokasikan anggaran Protokol Kesehatan (Prokes) untuk membeli Alat Pelindung Diri (APD), Handsanitizer dan alat pencegahan covid-19 dalam rangka pelaksanaan Pilciksung di Abdya dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) tahun 2021. 

Komentar

Loading...