Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Petani Keluhkan Produksi Durian dan Langsat di Aceh Tengah Menurun

Petani Keluhkan Produksi Durian dan Langsat di Aceh Tengah Menurun

TAKENGON, ANTEROACEH.com - Produksi durian di Kabupaten Aceh Tengah tahun 2020 mengalami penurunan dari tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya durian, buah langsat juga mengalami hal yang sama, bahkan untuk tahun ini petani disana hampir sama sekali tidak mendapat pengahsilan dari dua komuditu itu.

Hal itu disebabkan cuaca yang sering berubah ditambah serangan hama seperti tupai, ulat, babi, monyet, dan kelelawar.

Petani durian dari Desa Kekuyang, Kecamatan Ketol, Nurdin mengatakan, penghasilan mereka untuk tahun ini mengalami penurunan.

"Biasanya pada musim panen, durian yang jatuh bisa mencapai 30 sampai 50 durian setiap paginya namun pada musim kali ini jauh berkurang hanya berkisar 10 sampai 15 durian itupun tidak semuanya bagus," terang Nurdin kepada ANTEROACEH.com, Sabtu (29/2/2020).

Ia menambahkan hal yang sama juga terjadi pada buah langsat. Selain memang buahnya yang relatif berkurang serangan hama seperi tupai dan monyet juga menjadi salah satu faktor.

Ia berharap Pemerintah melalui dinas terkait agar mencari solusi memberantas hama dan meningkatkan produksi durian dan langsat milik petani.

"Kita berharap ada solusi dari pemerintah atau dinas pertanian untuk menghilangkan hama atau ada pupuk yang bisa meningkatkan produksi buah," harapnya.|| AFRIJAL

Komentar

Loading...