Update COVID-19 Aceh

0 ODP
0 PDP
0 Positif
0 Meninggal
0 Sembuh

-

Sumber: -

Peserta JKN KIS Kini Bisa Peroleh Pelayanan Kacamata di FKTP

Peserta JKN KIS Kini Bisa Peroleh Pelayanan Kacamata di FKTP

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – BPJS Kesehatan mempermudah proses pelayanan kacamata dengan hanya mendatangi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tanpa harus melalui proses rujukan ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada peserta Program JKN-KIS karena tidak perlu lagi bolak-balik dari FKTP ke FKRTL dan optic.

Untuk memastikan kompetensi dokter di FKTP dalam memberikan diagnosa terhadap tingkat gangguan refraksi mata, BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan menggelar kegiatan Mentoring Spesialis Tatalaksana Kelainan Refraksi Ringan di FKTP dengan mengundang Dokter Spesialis Mata, pada Kamis (19/6/2020).

“Pada prinsipnya, semua langkah yang ditempuh oleh BPJS Kesehatan adalah untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan. Bayangkan jika peserta yang tempat tinggalnya jauh dari kota, dengan adanya akses layanan refraksi yang bisa terkoreksi di FKTP tentunya sangat mempermudah mereka. Sehingga penanganan gangguan penglihatan yang dibutuhkan, dalam hal ini refraksi, dapat tuntas di FKTP,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan, Asfurina

“BPJS Kesehatan membutuhkan kerjasama dari Dinas Kesehatan, dan FKTP untuk dapat melaksanakan pemeriksaan refraksi, tentunya dengan didukung oleh sarana dan peralatan yang dibutuhkan. Pemeriksaan refraksi mata ini termasuk dalam 144 penyakit yang seharusnya bisa tuntas di FKTP sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 514 Tahun 2015,” tambah Asfurina.

Sementara, Plt Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Novi Rosmita mengaku optimis terhadap implementasi pelayanan kacamata dapat dilaksanakan di FKTP Aceh Selatan dan berharap pelayanan akan dapat berjalan optimal sehingga dapat meringankan peserta yang berada di wilayah yang jauh dari rumah sakit.

“Dengan telah dilaksanakannya kegiatan mentoring oleh dokter spesialis ini, Dinas Kesehatan akan mendukung dengan penyediaan alat-alat yang dibutuhkan untuk melaksanakan pemeriksaan refraksi tersebut kepada seluruh Puskesmas di Aceh Selatan yang Insyaallah akan kita laksanakan dalam tahun ini juga,” tutur Novi.

Novi juga berharap BPJS Kesehatan memperluas kerjasama dengan Optik yag berada di daerah-daerah yang jauh dengan kota agar  program ini dapat berjalan tepat sasaran.

Komentar

Loading...