Perlukah Membersihkan Puting Payudara Sebelum dan Setelah Menyusui?

Perlukah Membersihkan Puting Payudara Sebelum dan Setelah Menyusui?
Ibu menyusui Foto: Shutterstock

ANTEROACEH.com - Ibu baru biasanya punya segudang pertanyaan seputar menyusui. Salah satunya mungkin perihal kebersihan puting payudara. Ya Moms, sebagian ibu percaya puting payudara harus dibersihkan atau dicuci sebelum dan setelah menyusui. Benarkah hal itu?

Dilansir The Bumps, konsultan menyusui, Jeanne Cygnus, IBCLC, RLC, menuturkan, ibu menyusui ternyata tidak perlu membersihkan putingnya sebelum dan setelah menyusui. Anda mungkin berpikir jika mencucinya maka puting akan bersih, sehingga aman untuk bayi. Memang benar, tapi ternyata mencuci puting justru bisa membuatnya menjadi kering dan teriritasi.

Tak hanya itu, dilansir laman Madla, payudara sendiri sebenarnya memiliki montgomery tubercles atau kelenjar areola. Adapun kelenjar ini mempunyai minyak alami yang bisa membuat puting tetap lembap dan terlindungi.
 
Sementara jika Anda mencucinya menggunakan sabun, minyak alami tersebut justru akan hilang, Moms. Nantinya puting akan kering dan iritasi. Tentu Anda tak ingin, kan?
 
Meski begitu, bukan berarti puting tidak boleh dibersihkan. Anda tetap harus menjaganya, hanya saja cukup dengan menggunakan air, Moms.

Caranya mudah, Anda hanya perlu membasuhnya dengan air hangat dan bersihkan setiap Anda mandi saja. Tidak perlu mencucinya lebih dari itu.
 
Selain itu, hindari pemakaian sabun, tisu basah, handuk kasar atau produk yang mengandung alkohol. Produk yang mengandung alkohol dan handuk kasar justru dapat membuat puting kering dan pecah-pecah. Menyusui dalam keadaan puting kering dan pecah, justru bisa terasa menyakitkan, Moms.

Oh iya, pastikan juga setelah selesai menyusui buah hati, kondisi puting dan payudara dalam keadaan kering. Setelah itu, Anda baru bisa kembali menggunakan bra.
 
Pastikan pula untuk mencuci tangan sebelum menyusui. Sebab mencuci tangan adalah salah satu cara terbaik untuk menghentikan penyebaran penyakit, seperti: pilek, flu, dan masalah kesehatan perut. Tangan yang kotor bisa menularkan bakteri dan kotoran ke payudara dan puting. Ketika Anda menyusui bayi, bakteri tersebut bisa berpindah kepadanya, Moms.| kumparan.com

Komentar

Loading...