Peringati Hari Kesehatan Nasional, Dinkes Asel Gelar Pelayanan Dokter Spesialis di Buloh Seuma

Peringati Hari Kesehatan Nasional, Dinkes Asel Gelar Pelayanan Dokter Spesialis di Buloh Seuma
Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Fakhrijal saat menyampaikan sambutannya. Foto: Ist

TAPAKTUAN - Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 57 tahun 2021, Dinas Kesehatan Aceh Selatan menggelar pelayanan kesehatan spesialistik di Kemukiman Buloh Seuma, Kecamatan Trumon. 

Kegiatan yang dipusatkan di Puskesmas Buloh Seuma itu berlangsung dua hari Kamis dan Jum'at (18-19/11/2021). Adapun pelayanan yang tersedia adalah layanan dokter Spesialis Kandungan dan Spesialis Penyakit Dalam. Kemudian pembagian PMT kepada balita dan ibu hamil, 
penimbangan berat badan balita dan pengukuran Lingkar Lengan Atas (LILA) dan pengukuran pengukuran lingkaran lengan atas ibu hamil.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Fakhrijal dalam sambutannya mengatakan, kunjungan dokter spesialis ke daerah-daerah ini selain sebagai bhakti sosial dalam rangka Hari Kesehatan Nasional memang merupakan program unggulan Pemerintahan Azam (Azwir-Amran) yang saat ini tengah berjalan.

“Kunjungan dokter spesialis ini merupakan yang kedua kali di Buloh Seuma, sebelumnya pada tahun 2019 juga sudah pernah dilakukan saat itu yang hadir dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis kandungan dan dokter spesialis bedah,” ujar Fakhrijal.

Baca: Program Baru Aceh Selatan, Dokter Spesialis Kunjungi Pasien

Kadis berharap Puskesmas Buloh Seuma yang telah selesai dibangun tahun 2018 lalu bisa keluar izin operasionalnya pada tahun 2021 sehingga bisa berdiri sendiri tidak berada dibawah naungan Puskesmas Trumon lagi.

“Mudah-mudahan tahun 2021 ini izin operasinoal Puskesmas Buloh Seuma sudah keluar, jika sudah ada izinnya maka akan ditempatkan dokter umum, perawat, bidan dan dan perawat gigi serta fasilitas pelayanan kesehatan lainnya,” kata Fakhrijal.

Dokter spesialis tengah memberikan pelayanan kepada masyarakat Buloh Seuma dalam rangka HKN ke 57. Foto: Ist

Untuk diketahui Buloh Seuma merupakan Kemukiman yang menaungi tiga desa yaitu Gampong Raket, Gampong Teungoh dan Gampong Kuta Padang. Selama ini akses jalan Buloh Seumas elain jauh juga rusa parah baru dalam dua tahun terakhir tengah dilakukan pembangunan akses jalan dan jembatan yang nantinya akan menghubungkan Aceh Selatan dan Kabupaten Aceh Singkil.

Komentar

Loading...