Breaking News

Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Pengungsi Rohingya di Lhokseumawe Diserang Penyakit Scabies  

Pengungsi Rohingya di Lhokseumawe Diserang Penyakit Scabies  

LHOKSEUMAWE,ANTEROACEH.com - Imigran Rohingya gelombang kedua yang tiba di Kota Lhokseumawe, saat ini banyak yang menderita penyakit kulit menular Scabies.  Penyakit kulit tersebut menyebabkan gatal luarbiasa, bentol-bentol seperti digigit kutu.

“Secara umum Rohingya gelombang kedua  menderita Scabies, ini mengkhawatirkan karena menular dan amatan kami, yang terkena penyakit itu sangat menderita, karena sangat gatal,” sebut salah seorang relawan di BLK Kandang, Minggu (14/10/2020).

Relawan tersebut merasa khawatir, bila tidak segera diatasi, penularan penyakit itu semakin luas, bisa saja terkena ke pengungsi gelombang pertama, bahkan ke relawan yang selama ini membantu pengungsi.

Sementara itu juru bicara Satgas Penanganan Rohingya Lhokseumawe Marzuki saat dihubungi via telepon membenarkan kabar tersebut, namun belum bisa dipastikan jumlah pengungsi yang terserang penyakit kudis tersebut.

“Benar ada yang terkena Scabies, namun saya belum bisa pastikan jumlah berapa, besok saya akan konfirm datanya ke tim kesehatan. Untuk penanganan sudah ada klinik di lokasi tersebut dan pastinya mereka sedang dalam penanganan,” sebut Marzuki.

Ia menambahkan selain penyakit gatal tersebut, sebagian  pengungsi juga masih menderita sesak nafas.

Saat ini BLK Kandang telah menampung 400 an pengungsi Rohingya, enam pengungsi kabarkan telah kabur. Sedangkan 3 pengungsi meninggal dunia akibat sesak nafas akibat terlalu lama berada di tengah laut.

iklan grapela dan tangga seribu
Iklan Batu Berlayar dan masjid tuo

Komentar

Loading...