Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Pengungsi Rohingya Belum Didaratkan, Warga Protes

Pengungsi Rohingya Belum Didaratkan, Warga Protes

LHOKSEUMAWE, ANTEROACEH.com -  Sebanyak 94 orang etnis Rohingya yang sebelumnya diselamatkan nelayan dari kapal yang rusak ditengah laut ternyata masih berada di atas kapal di pesisir pantai Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Kamis (25/6/2020) siang.  Seratusan warga memprotes petugas di lokasi karena pengungsi belum didaratkan.

“Itu banyak anak-anak, mereka harus didaratkan beri susu dan makanan bukan di tengah laut seperti itu. mereka berdesakan disana tanpa perlindungan,” protes Nasruddin (40) warga Aceh Utara.

Ia bersama warga lain sejak pagi tadi sudah meminta petugas yang berjaga-jaga dipantai agar segera membawa pengungsi tersebut ke daratan.

“kami saja nelayan tak sanggup berlama-lama ditengah laut seperti itu.  ini atas nama kemanusian, mereka itu manusia tempatnya di darat bukan diatas kapal. Mungkin ada yang sudah sakit , harus segera ditolong,” sahut Dahlan Isa, nelayan setempat kepada wartawan.

Mendapat protes warga, sejumlah petugas kemudian berusaha mendekatkan kapal Rohingya itu lebih dekat ke bibir pantai. Aksi itu mendapat sambutan hangat warga. Walau dianggap belum sesuai harapan.

Hingga sore ini, puluhan petugas gabungan TNI/ Polri dan unsur lainnya masih berjaga-jaga di bibir pantai.

Sebelumnya, Plh Sekdakab Aceh Utara Risawan Bentara mengatakan hasil rapat Muspida , pengungsi akan dilepaskan ke laut untuk melanjutkan perjalanan, setelah kapal yang mereka tumpangi sebelumnya selesai diperbaiki.

“Untuk sementara mereka akan ditampung di tempat bekas kantor  Imigrasi, akan tes kesehatan  dan diberikan makanan,” kata Risawan.

Komentar

Loading...