Pengungsi Korban Keracunan  Gas Medco Aceh Timur Kembali ke Rumah

Pengungsi Korban Keracunan  Gas Medco Aceh Timur Kembali ke Rumah

IDI, ANTEROACEH.com - 250 warga Gampong Panton Rayeuk T, Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur korban racun gas PT Medco dikabarkan sudah kembali ke rumah pada Rabu (14/4/2021) pagi, setelah beberapa hari berada di lokasi pengungsian di kantor Camat setempat.

Pemulangan pengungsi ke rumah dilakukan oleh pihak Medco menggunakan sejumlah angkutan diawasi langsung oleh Relation Manager Rivian Pragitta dan Furqan, serta Lead PA Maulidar Putra. Sedangkan pihak lain  yang ada di lokasi yaitu perwakilan Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA), Muspida dan Camat.

Selain itu pihak manajemen PT Medco E&P Malaka Blok – A Aceh Timur memastikan  lingkungan Gampong  Panton Rayeuk T telah bersih dari asap flaring. Hal itu berdasarkan hasil survey perusahaan dan Dinas  Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Timur pada Senin kemarin.

“Pemulangan dilakukan sekitar pukul 09.00 WIB tadi dengan angkutan yang kita fasilitasi. Hadir pihak BPMA, Kepolisian, TNI dan camat. Hasil pengukuran kualitas udara di desa tersebut pada Senin kemarin tidak ditemukan lagi  bau gas. parameter SO2, H2S, dan CH4 terbaca nol di udara,” ucap VP Relations & Security PT Medco E&P Indonesia Arif Rinaldi, Rabu (14/4/2021).

Meski begitu, sebutnya PT Medco E&P akan tetap memonitor kondisi sekitar sumur dan pemukiman masyarakat secara berkala. Perusahaan juga  berjanji akan terus mendampingi warga, baik yang sudah kembali ke rumah maupun yang masih di rumah sakit. 

Ia juga menyampaikan sebagian besar pasien korban sudah kembali ke rumah. Saat ini tersisa delapan orang masih berada di rumah sakit. 

Mereka adalaha, Muhammad (19),  Saiful Bahri (43), Hajidan (33), M Nur (31), Mariana (35), Sakdiah (60), Lulu Hafifah (5) dan Chalisa bayi yang masih berusia 10 bulan.

Komentar

Loading...