Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Pengamat Ekonomi Sebut Pertambangan Tidak Menguntungkan Bagi Aceh

Pengamat Ekonomi Sebut Pertambangan Tidak Menguntungkan Bagi Aceh

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Pengamat ekonomi Aceh menilai pertambangan tidak menguntungkan bagi Aceh.

Hal itu disampaikan pengamat ekonomi Aceh, Dr. Amri saat acara dialog interaktif tentang Pengelolaan Sektor Pertamabangan sebagai sumber ekonomi Aceh setelah Otsus di aula Fakultas Sainstek, UIN Ar-Raniry, Kamis (24/10/2019)

Ia menagatakan sektor pertambangan hanya menguntungkan pengelola dan para pegawainya dan justru banyak menimbulkan resiko.

“Sebenarnya sektor besar yang menguntungkan semua pihak adalah pertanian, perkebunan, perikanan dan tourism melalui pariwisata Islami,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menambahkan banyaknya angka kemiskinan di Aceh dikarenakan kurangnya pusat perekomian yang hanya berfokus pada pusat ibukota provinsi.

"Dimana perputaran uang, disanalah ekonominya bagus," tutupnya.

Sementara itu Nasir dari Walhi juga tidak menyetujui pertambangan sebagai sumber ekonomi Aceh setelah berakhirnya dana Otsus.

"Ada agen tak bertanggungjawab, menjanjikan kesejahteraan kepada masyarakat, lalu setelah dapat izin lalu menjualnya kepada pihak asing sehingga Aceh mengalami kekurangan pengindustrian," ujarnya.

Ia mengatakan pelaku tambang banyak melakukan pelanggaran kesepakatan, seperti tidak transparan. “Harusnya kita mengembangkan industri barang bekas seperti masyarakat akan menjual tomat busuk kepada pabrik saus, bukan justru membuka lahan baru.”

Selain itu Akhyar Rasyid Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) juga menyampaikan kesalahpahaman penandatangan kesepakatan antara swasta dan pemerintah, migas kerap gagal memberi efek besar kepada rakyat.

Komentar

Loading...