Pemerintah Aceh Disarankan Bangun Sandar Kapal Bertaraf Internasional

Pemerintah Aceh Disarankan Bangun Sandar Kapal Bertaraf Internasional

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Kepala Kanwil Bea Cukai Aceh, Safuadi menyarankan Pemerintah Aceh membangun sandar kapal taraf internasional dengan minimal muatan mencapai 10.000 ton.

Ia menilai dengan dibangunnya sandar kapal taraf internasional nantinya akan membuat semua barang di Aceh terkonsolidasi dan bergerak secara masif yang nantinya juga akan membuat semua kabupaten ikut berkontribusi.

Safuadi menilai selama ini sarana yang disediakan pemerintah tidak terhubung dengan apa yang dibutuhkan oleh pelaku bisnis kerena tidak terkonsolidasi.

Ia menambahkan menyangkut logistik kita masih menggunakan cara tradisional untuk pengiriman barang yang ongkosnya mencapai puluhan juta. 

Namun secara bersamaan tidak banyak yang tahu pemerintah menfasilitasi pengiriman barang menggunakan tol laut yang biayanya hanya jutaan rupiah dengan muatan kontainer mencapai 18 ton.

"Cuma masalahnya informasi tersebut tidak pernah sampai kepada orang yang membutuhkan. Tidak ada koordinatornya. Akibatnya, banyak orang miss informasi," ungkap Safuadi dalam Seminar Nasional yang diadakan oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII) di Geduang AAC Dayan Dawood, Kamis (25/2/2021).

Makanya, sebut Safuadi kapal yang membawa barang ke Aceh yang berjumlah ratusan kontainer itu pulangnya kosong karena tidak terkoordinir dan informasi yang tidak sampai.

"Tidak ada yang mengkonsolidasi semua barang yang ada di Aceh ini. Kapal pelabuhan sudah dipersiapkan, tapi hanya bisa disandari kapal motor bukan kapal induk," ungkapnya lagi.

Disebutkannya infrastruktur di Aceh juga sudah memadai namun belum disempurnakan. 

"Jadi sekarang tidak terintegrasi antara apa yang kita siapkan dengan apa yang dibutuhkan oleh pelaku bisnis," pungkas  Safuadi.

Komentar

Loading...