Pemerintah Aceh Diminta Gratiskan Internet Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Pemerintah Aceh Diminta Gratiskan Internet Untuk Pelajar dan Mahasiswa
Ilustrasi mahasiswa wisuda. Foto: shutterstock.com

MEULABOH, ANTEROACEH.com – Pemerintah Aceh diminta memberikan layanan internet gratis bagi pelajar dan mahasiswa di Aceh untuk medukung pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19.

Hal itu dikemukan oleh Dosen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Teuku Umar (UTU), Aduwina Pakeh, S.Sos, M.Sc.

Ia mengaku prihatin terhadap kondisi pelajar dan mahasiswa yang kesulitan biaya membeli kouta internet selama pembelajaran online.

"Mungkin hal demikian tidak menjadi kendala bagi sebahagian yang orangtuanya memiliki tingkat ekonomi yang relatif stabil, tapi bagaimana dengan mereka yang orang tuanya tergolong tidak mampu bahkan sekarang tidak bisa bekerja?," ungkap Aduwina Pakeh.

Ia berharap Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bisa memprioritaskan dana pendidikan jangka pendek untuk program pembelajaran online.

Untuk penyediaan fasilitas internet gratis, Aduwina Pakeh meyakini 99 persen Pemerintah Aceh mampu melakukannya, apalagi banyak program pemerintah yang saat ini dipangkas akibat Covid-19 seperti program pelatihan, perjalanan dinas dan berbagai event yang dananya tersedia puluhan hingga ratusan miliar.

"Pemerintah Aceh bisa bekerjasama dengan provider telekomunikasi yang ada di Aceh agar dapat menyediakan akses internet gratis saat mengakses aplikasi pembelajaran," saran Aduwina.

Menurutnya, akses internet gratis dibidang pendidikan adalah sebuah investasi terbaik demi memastikan kualitas pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Komentar

Loading...