Pelajar Bireuen dan Mahasiswa ISBI Belajar Mop-mop

Pelajar Bireuen dan Mahasiswa ISBI Belajar Mop-mop

BIREUEN, ANTEROACEH.com - Sejumlah siswa sekolah menengah  dan mahasiswa dilatih mengenal tradisi seni pertunjukan biola Aceh lebih dikenal dengan Mop-mop Aceh di Aula SMPN 2 Bireuen.

Pelatihan revitalisasi sastra lisan Mop-mop digelar oleh Balai Bahasa Provinsi Aceh, dilaksanakan selama dua hari, Selasa dan Rabu 24-25 November 2020.  Untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang sastra lisan seni pertunjukan Biola Aceh yang diambang punah.

“Ini sebagai tahap awal memberikan pemahaman kepada peserta , termasuk kepada beberapa peserta dari Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh tentang pentingnya melestarikan sastra lisan Mop-mop,” jelas Fauzan  panitia pelaksana, Rabu (25/11/2020).

Ia menambahkan, tidak hanya mendapat materi wawasan, namun juga peserta di berikan kesempatan praktik yang dilatih  oleh Syech Habibi, dari sanggar Mop-mop Meurak Jeumpa, Kecamatan Muara Batu Batu, Aceh Utara.

“Kami berencana  ke depan kegiatan pelestarian sastra lisan ini akan terus digelar, untuk melahirkan  generasi  baru yang mampu menampilkan Mop-mop dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu,  pemerhati Mop-mop Aceh, Nyak Man Lamjame mengapresiasi Balai Bahasa Provinsi Aceh yang ikut menjadi bagian dari pelestari seni tradisi tersebut. 

“Ini langkah maju dan menjadi contoh baik bagi lembaga-lembaga lain untuk memajukan seni tradisi Aceh menjadi berkembang dan diminati generasi muda. Saya berharap pelatihan seperti ini akan terus digelar hingga muncul bibit baru dalam seni tradisi kita,” singkatnya.

Komentar

Loading...