Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Pejabat Terpapar Covid-19 Juga Harus  Dipublikasi

Pejabat Terpapar Covid-19 Juga Harus  Dipublikasi
Sekretaris Jenderal Lembaga Integrity Aceh, Masriadi Sambo

LHOKSEUMAWE, ANTEROACEH.com - Pejabat di Aceh yang terpapar virus Covid-19 idealnya harus  dipublikasikan kepada masyarakat. Sehingga, publik mengetahui detail penyebab terpapar virus dan penanganannya.

Hal itu disebutkan Sekretaris Jenderal Lembaga Integrity Aceh, Masriadi Sambo, Jum’at (18/9/2020) menjawab wartawan di Lhokseumawe. Dia menyebutkan, pejabat menjadi contoh nyata bagi masyarakat untuk perang melawan penyebaran virus asal Wuhan, China itu.

“Kalau ada pejabat yang positif corona baiknya dipublis saja. gugus tugas cenderung pasif akhir-akhir ini. Cenderung wartawan yang sibuk mencari tau siapa saja positif dan lain sebagainya. Tidak ada data tersedia secara daring yang bisa diakses wartawan setiap hari,” kata Masriadi.

Dia mencontohkan, Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe tidak menyediakan data setiap hari siapa saja yang positif dan hasil penelusuruan kontak langsungnya. Untuk itu, dia berharap bupati/walikota di Aceh sebagai pemilik wilayah bisa mengeluarkan aturan agar data disediakan setiap hari.

“Jangan kesannya asal pejabat tidak dipublis, bupati/wali kota sebagai pemilik wilayah itu harus memerintahkan ketersediaan data setiap hari secara daring. Ini di kabupaten/kota bahkan data online itu tidak tersedia,” katanya.

Selain itu, pejabat diminta menjadi contoh penerapan protokol kesehatan.

“Jangan pejabat mulutnya saja imbau protokol, dia sendiri dan kantornya buat acara ramai-ramai, kumpul-kumpul tanpa jaga jarak. Lalu posting lagi di media sosial. Bagaimana rakyat mau percaya bahwa corona itu nyata, pejabat yang ngomong begitu saja melanggar protokol kesehatan,” pungkasnya.

Komentar

Loading...