PDA Usulkan PAW Kadernya di DPRK Aceh Selatan

PDA Usulkan PAW Kadernya di DPRK Aceh Selatan
Gedung DPRK Aceh Selatan. Foto: anteroaceh.com

TAPAKTUAN  – Partai Daerah Aceh (PDA) mengusulkan Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Selatan dari partai PDA. 

Anggota DPRK yang diusulkan untuk diganti yakni Murhaban dari Daerah Pemilihan (Dapil) II Sawang – Meukek.

Kabar itu dibenarkan oleh Ketua DPW partai PDA Aceh Selatan, Jasman namun ia enggan memberi komentar lebih lanjut terkait usulan pergantian tersebut.

“Benar, namun untuk penyebabnya itu ranah DPP, saya tidak bisa berkomentar,” ungkap Jasman singkat saat dihubungi anteroaceh.com, Selasa (27/7/2021).

Sementara itu Sekwan DPRK Aceh Selatan, Halimuddin membenarkan pihaknya sudah menerima surat permintaan PAW dari partai PDA.

Surat itu telah diterima Sekretariat DPRK tanggal 17 Juni 2021.

Saat ini kata Halimuddin, pihaknya baru saja selesai konsultasi dengan Biro Tata Pemerintahan Setda Aceh di Banda Aceh.

“Kenapa baru hari ini kita konsultasi karena sebelumnya kita juga melaksanakan rapat dengan fraksi – fraksi di DPRK, apalagi kemarin kita juga sedang membahas LKPJ,” jelasnya.

Kemudian, kata dia, Biro Tata Pemerintahan menyarankan kepada partai PDA untuk melengkapi 24 butir kelengkapan administrasi dan mekanisme pengajuan calon PAW, sebab, kata dia, itu wajib dilengkapi karena berdasarkan aturan.

“Ini bukan kita yang minta akan tetapi aturan, jadi partai harus melengkapi sebanyak 24 butir dokumen, maka dari itu hasil dari konsultasi kita akan kita sampaikan apa saja yang harus dilengkapi oleh partai,” jelasnya.

Halimuddin menyebutkan, calon PAW yang akan mengantikan Murhaban berdasarkan surat usulan nama PAW yaitu Sofyan Seri S.Pd.I.

Namun Sekwan mengatakan pihaknya akan memastikan terlebih dahulu kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan terkait peraih suara terbanyak setelah Murhaban.

“Jadi nama ini bisa saja diusulkan oleh partai, akan tetapi mengenai verifikasi benar dia suara terbanyak nomor dua adalah KIP,” pungkasnya.

Komentar

Loading...