Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Paska Luapan Limbah ke Lingkungan, PHE  Tutup Semua Koneksi Drain System

Paska Luapan Limbah ke Lingkungan, PHE  Tutup Semua Koneksi Drain System

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com – Paska meluap limbah ke area lingkungan pemukiman warga Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara, PT Pertamina Hulu Energi (PHE) NSB terpaksa menutup semua  koneksi drain sistem dari dalam plant.

Tindakan itu  sebagai langkah penanganan agar insiden meluap limbah liquid hitam ke drainase warga sekitar lingkungan perusahaan pada kamis lalu tidak terulang lagi.

"Insiden luapan limbah liquid akibat faktor hujan deras dengan waktu yang lama sehingga sebagian liquid yang berupa campuran air dan kondensat meluap dari wadah penampung menuju parit," jelas Pjs Field Manager PHE NSB Armia Ramli kepada ANTEROACEH.com, Senin (13/12/2020).

Menurut Armia, tim emergency telah berhasil menutup semua koneksi drain system dan melakukan pemasanganan absorbent (alat pencegah mengalirnya liquid) untuk memastikan liquid tidak keluar dari gas plant lagi.

Selain itu lanjutnya, juga telah dipasang  oil boom yang juga merupakan alat pencegah liquid di saluran air yang melintasi wilayah penduduk sebagai pencegahan serta menyiagakan tim emergency di plant

"Limbah liquid yang telah keluar dari gas plant ke drainase warga, telah disedot dengan vacum truck. Kita lakukan dengan manual,” jelasnya lagi.

Langkah lain  yang dilakukan PHE NSB yaitu  melaporkan seluruh kegiatan tersebut ke pihak Dinas Lingkungan Hidup Aceh Utara, dan telah mendapat respon dan dukungan yang baik.

"Alhamdulillah, sejauh ini tidak ada yang menjadi korban, Kami  berterimakasih atas atensi dan bantuan penuh dari masyarakat," ungkapnya.

Armia menambahkan, PHE  juga telah  menurunkan tim emergency response untuk  penyaluran bantuan berupa kebutuhan pokok kepada korban banjir di  tujuh kecamatan yaitu Tanah Luas, Syamtalira Aron, Matangkuli, Pirak Timu, Paya Bakong, Langkahan dan Kecamatan Lhoksukon.

Komentar

Loading...