Parah! Sampah di Kota Lhokseumawe Tutupi Jalan

Parah! Sampah di Kota Lhokseumawe Tutupi Jalan

LHOKSEUMAWE, ANTEROACEH.com - Kondisi sampah menumpuk di Kota Lhokseumawe semakin parah. Bahkan ruas jalan RRI di Gampong Tumpok Teungoh tertutup tumpukan sampah sejak hari raya kedua Jumat (14/5/2021) malam.

Sampah di lokasi itu menutup badan jalan hingga 70 meter sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat. Ditambah lagi aroma busuk membuat area itu mirip tempat pembuangan sampah akhir.

"Ini paling parah, sampah terlalu banyak sampai kami tak bisa lewat. Disini memang sering dijadikan lokasil buang sampah tapi belum pernah sebanyak ini," ungkap Nasruddin (45) warga Tumpok Teungoh.

Katanya, pembuang sampah di lokasi itu dilakukan warga luar Tumpok Teungoh, dan terjadi pada malam atau dini hari. Warga sudah berupaya memasang plang larangan, namun tidak digubris.

Video tumpukan sampah di jalan RRI juga viral di media sosial sehingga membuat Sekdako Lhokseumawe  T  Adnan datang ke lokasi. "Sudah saya perintahkan untuk dibersihkan saat ini juga," katanya.

Tidak hanya di lokasi itu, tumpukan sampah juga terjadi di titik jembatan Cunda jalan masuk Kota.  Di depan Pasar Buah jalan Pase, Islamic Center, lewat Rumah Sakit Kasih Ibu Mon Geudong.

Sampah juga terlihat berserakan di pusat perbelanjaan di kawasan Los dan jalan Perdagangan.

Kondisi ini disebabkan tidak beroperasinya truk sampah selama lebaran Idul Fitri ini ditambah tidak ada lagi tong sampah yang disediakan dinas.

"Di rumah sampah menumpuk, truk sampah tidak ada selama hari raya. Kami buang kemana lagi kalau bukan di pinggir jalan. Biar bisa diangkut petugas sampah," ujar Rasmi warga Banda Sakti.

Ia juga mengkritik Pemko yang kurang peduli soal sampah rumah tangga. Buktinya tidak lokasi tong sampah yang disediakan pemerintah.

Komentar

Loading...