Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Panwaslih Abdya Himbau ASN dan Kades Tidak Terlibat

Panwaslih Abdya Himbau ASN dan Kades Tidak Terlibat

Blangpidie, Antero Aceh - Menjelang Pemilu Tahun 2019. Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menghimbau Kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan seluruh Kepala Desa (Kades) yang ada dikabupaten setempat agar Menjaga nertalitas dalam masa kampanye pemilihan Presiden dan Legislatif.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Panwaslih Abdya Ilman Syahputra yang ikut didampingi Ketua Devisi Pencegahan dan Pengawasan, Rismanidar kepada wartawan, Selasa (23/10/2018).

Ilman mengajak kepada ASN maupun Kepala Desa agar selalu menjaga netralitas dalam Pemilu 2019 mendatang.

"Kita mengajak ASN dan Kepala Desa yang ada dikabupaten Abdya supaya menempat dirinya di posisi netral tanpa terlibat dalam masa tahapan kampanye di Pemilihan Presiden dan Legislatif pada tahun 2019 nanti," ungkap Ilman.

Ilman menambahkan, larangan tersebut sesuai dengan peraturan yang telah diatur pada Pasal 280 Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

"Bagi yang melanggar aturan seperti yang diantur dalam UUD tahun 2017 tersebut, akan dikenakan sanksi ancaman pidana 1 hingga 2 tahun penjara dan Dend paling banyak sebesar Rp 12 juta hingha Rp 24 Juta rupiah," tegasnya.

Ilman menyebut terkait larangan keterlibatan Kepala Desa atau Keuchik Gampong dalam masa kampanye diatur dalam Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

"Pada UUD Desa itu disebutkan bahwa, kepala desa atau keuchik gampong dilaranh untuk membuat keputusa yang menguntungkan dirinya sendiri, anggota, keluarga, pihak lain ataupun golongan tertentu. Selain itu kepala desa juga dilarang menjadi pengurus Partai dan terlibat pada kampanye pemilihan umum ataupun pemilihan kepala daerah," jelasnya.

Pihaknya juga menghimbau, masih kata Ilman, kepada para peserta pemilu untuk tidak melibatkan ASN dan Aparatur Gampong didalam kampanye pemilu tahun 2019.

"Kita mengingatkan kepada peserta pemilu (Caleg) agar tidak melibatkan ASN dan keuchik pada kampanye pemilu 2019 nantinya, agar pemilu serentak ini dapat berlangsung secara demokratis, jujur sesuai dengan aturan yang berlaku,"tutup Ilman. (Ilyas)

Komentar

Loading...