Panglima GAM Pereulak, Abu Sanusi Wafat

Panglima GAM Pereulak, Abu Sanusi Wafat

IDI, ANTEROACEH.com - Kabar duka kembali menyelimuti kalangan GAM Aceh, Tgk Sanusi bin Muhammad atau akrap disapa Abu Sanusi, panglima GAM wilayah Peureulak,  menghembuskan nafas terakhir di kediaman Gampong Krueng Lintang, Kecamatan Peureulak, Aceh Timur, Selasa (29/12/2020).

Informasi yang diperolah dari Marzuki M Ali alias Ayah Kobra, panglima daerah 1 Wilayah Peureulak, almarhum meninggal dunia  sekitar pukul 7.30 WIB di rumahnya. Kemudian sekitar pukul 12.30 WIB dikebumikan di area Dayah Darul Mutaallimin pimpinan Abu Lah Krueng Lintang, tidak jauh dari kediaman almarhum.

“Beliau sakit sesak sejak sebulan lalu, pernah dibawa ke rumah sakit dan tadi pagi menghembuskan nafas terakhir di rumahnya ditemani oleh keluarga besar beliau,” jelas Ayah Kobra kepada anteroaceh.com.

Sepengetahuannya, Abu Sanusi adalah Panglima GAM tahun 1976 dan dekat dengan Deklarator GAM Tgk Hasan Ditiro. Sejak konflik almarhum eksis berjuang dengan pasukannya di wilayah tersebut dan dikenal dengan loyal terhadap gerakan.

“Saat ini Aceh sangat kehilangan satu sosok GAM yang sangat baik dan bersahaja. Walau tidak masuk dalam jajaran KPA, namun banyak kombatan menaruh simpati terhadap kepribadian almarhum,” ungkap.

Ia menghimbau kepada rekan-rekan kombatan GAM dan segenap masyarakat untuk bertakziah ke rumah almarhum di Gampong Krueng Lintang mulai nanti malam sampai tujuh ke hari kedepan.

Komentar

Loading...