Optimalisasi Layanan Digital, BPJS Kesehatan Gelar Forum Kemitraan Dengan Pemko Subulussalam

Optimalisasi Layanan Digital, BPJS Kesehatan Gelar Forum Kemitraan Dengan Pemko Subulussalam

SUBULUSSALAM, ANTEROACEH.com - Dalam rangka koordinasi dan advokasi upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan serta optimalisasi penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan melaksanakan kegiatan Forum Kemitraan bersama dengan pemangku Kepentingan di Kota Subulussalam, Selasa (9/3/2021).

Dalam kesempatan itu, BPJS Kesehatan berharap dapat mempermudah koordinasi antar instansi, sebagai upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan sesuai kewenangan dan fungsi masing-masing instansi. Serta dalam rangka optimalisasi dan akselerasi layanan digital bagi peserta JKN-KIS untuk pelayanan yang lebih baik.

“BPJS Kesehatan sangat berharap pemerintah daerah dapat memberikan dukungan dalam mendorong optimalnya pelayanan kesehatan melalui layanan digital bagi peserta JKN-KIS. Salah satu bentuk layanan digital yang sangat memudahkan peserta JKN-KIS adalah aplikasi Mobile JKN dimana banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh peserta hanya melalui genggaman," terang Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan, Aswalmi Gusmita.

Pada Aplikasi Mobile JKN, peserta dapat melakukan perubahan data secara mandiri tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. 

Peserta juga dapat memanfaatkan fitur antrean online yang akan memudahkan peserta untuk mengakses pelayanan kesehatan tanpa harus menunggu lama di fasilitas kesehatan, terdapat pula Fitur Kartu Peserta sehingga peserta tidak perlu khawatir jika tidak membawa kartu serta terdapat Fitur Konsultasi Dokter sehingga peserta tidak perlu repot datang ke fasilitas kesehatan untuk melakukan konsultasi seputar masalah kesehatannya.

Adapun layanan digital lain yang dapat dimanfaatkan peserta JKN-KIS adalah layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, Chat Assistant JKN (Chika) yang dapat diakses melalui Facebook Messenger, Telegram maupun Whatsapp di nomor 08118750400 serta Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA).

“Sebagai bentuk dukungan pada pemerintah dalam rangka mengurangi penyebaran Virus Covid-19, serta mendukung BPJS Kesehatan dalam mendorong optimalisasi layanan digital, sebagai langkah awal Pemerintah Daerah Kota Subulussalam akan mendorong seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Subulussalam untuk dapat men download aplikasi Mobile JKN dan memanfaatkan fitur-fitur yang ada untuk mengakses pelayanan kesehatan”, terang Assisten III, Kota Subulussalam, Kasman.

Melihat segudang fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Mobile JKN dan dalam rangka menyambut berkembangnya teknologi informasi, sudah seharusnya kemajuan teknologi dimanfaatkan oleh semua pihak demi memudahkan proses administrasi yang utamanya dalam memanfaatkan jaminan pelayanan kesehatan, tutupnya.

Komentar

Loading...