Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Ombak Setinggi Lima Meter Rusak 14 Rumah di Abdya

Ombak Setinggi Lima Meter Rusak 14 Rumah di Abdya
Foto: Rumah warga Palak Kerambil, Kecamatan Susoh yang rusak diterjang ombak

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com - Ombak setinggi lima meter menghantam kawasan pantai jilbab, Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya (Abdya), Minggu (21/7/2019) sekitar pukul 07.00 WIB.

Akibat peristiwa itu, setidaknya 14 rumah di Gampong Palak Kerambil rusak, dua diantaranya mengalami rusak parah.

Selain rumah warga, ombak juga membuat abrasi di pesisir pantai Jilbab semakin meluas.

"Saat ini tim gabungan sudah berada di lokasi memberi bantuan terhadap warga yang terkena musibah bencana di gampong Palak Kerambil," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin, kepada ANTEROACEH.com.

Amiruddin menlanjutkan, untuk mengatasi abrasi pantai, dibutuhkan biaya yang cukup besar, setidaknya menghabiskan anggaran hingga Rp 25 miliar.

"Kalau dari kita BPBK kan hanya bisa mengatasinya dengan menggunakan goni dan beronjong. Namun tetap saja pesisir pantai ambruk kalauterjadi gelombang tinggi," katanya.

Menurut Amiruddin, solusi satu-satunya untuk mengatasi abrasi di pantai jelbab tersebut adalah membangun tanggul permanen dengan menggunakan batu gajah.

"Jadi terkait pembuatan batu gajah di pesisir pantai jilbab, kita harus koordinasi dengan pihak Dinas Perikanan dulu," pungkas Kepala BPBK Abdya.

iklan grapela dan tangga seribu
Iklan Batu Berlayar dan masjid tuo

Komentar

Loading...