Oknum ASN Abdya dan Pria Beristri Dicambuk 100 Kali

Oknum ASN Abdya dan Pria Beristri Dicambuk 100 Kali
TR terpidana kasus zina laki - laki saat menjalani hukuman cambuk (Foto : Ilyas anteroaceh.com)

BLANGPIDIE -  Dua terpidana kasus zina menjalani hukuman cambuk di Lapas Kelas II B Blangpidie yang terletak di Gampong Alue Dama, Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis (4/11/2021). 

Kedua terpidana masing - masing  EV (40) warga Kecamatan Blangpidie dan selingkuhannya pria beristri berinisial TR (36) warga Kecamatan Manggeng. 

EV merupakan oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemkab Abdya. Perselingkuhan kedua pelaku terbongkar setelah dilaporkan oleh istri TR yakni IY ke Satpol PP dan WH setempat.

Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejari Abdya, M. Agung Kurniawan menyatakan, kedua terpidana pasangan non muhrim ini menjalani hukuman cambuk setelah mendapatkan kekuatan hukum tetap (Ikracht) dari Mahkamah Syariah (MS) Blangpidie nomor 10/Jn/2021/MS.Bpd.

"Kedua terpidana menerima uqubat hudud cambuk masing - masing  sebanyak 100 kali," ungkap Agung saat diwawancarai sejumlah awak media dilokasi.

Kata Agung, kedua terpidana diberi hukuman cambuk karena telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan jarimah zina sebagaimana yang sudah diatur dalam Pasal 33 ayat (1) Qanun Aceh Nomor 6 tahun 2014 tentang hukum jinayat.

"Eksekusi cambuk terhadap keduanya sudah selesai sebanyak 100 kali tanpa ada pemotongan. Kita berharap kepada masyarakat khususnya Abdya agar ini menjadi pelajaran penting supaya kedepannya tidak lagi ada yang melanggar qanun jinayah," pungkasnya.

Amatan anteroaceh.com dilokasi, saat eksekusi cambuk berlangsung kedua terpidana beberapa kali sempat meringis kesakitan dan terpidana perempuan di cambuk yang ke 50 terpaksa harus mendapatkan perawatan dari tim medis.

Kemudian digantikan oleh terpidana laki - laki sampai dengan cambuk ke 100 kali, meskipun ada beberapa kali mengangkat tangan untuk diberikan kesempatan istirahat sebentar.

Komentar

Loading...