Nova Serahkan Urusan Wagub ke Partai Pengusung

Nova Serahkan Urusan Wagub ke Partai Pengusung

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyerahkan urusan pengisian kekosongan wakil Gubernur (Wagub) kepada partai pengusung.

“Terkait dengan sisa waktu penetapan Wagub saat ini, saya rasa itu domain partai pengusung,” kata Nova, Rabu (9/12/2020) seusai acara ngopi bareng dengan sejumlah ketua partai di Solong Pangoe.

Nova mengatakan dirinya saat ini tengah mencari mekanisme mengenai tata cara menyurati masing-masing parpol terkait penetapan calon wagub tersebut.

Kata Nova, berdasarkan aturan pengusulan nama-nama cawagub diusulkan oleh partai pengusung namun lantaran dirinya juga menjabat sebagai ketua Demokrat Aceh sehingga termasuk ke dalam golongan partai yang akan ikut mengusul cawagub.

“Hal tersebutlah yang membuat saya ambigu saat ini, apakah lazim jika Gubernur Aceh menyurati partai pengusung? Karena saya juga termasuk ke dalam partai pengusung,” tuturnya.

Nova mengatakan saat ini ia sebagai Gubernur Aceh sedang mempertimbangkan perihal menyurati para parpol pengusung. 

“Sebagai Gubernur dengan kop pemerintah provinsi, itu sedang saya pertimbangkan kembali,” sebutnya.

Namun secara jelas Nova mengatakan bahwa terkait pengusulan cawagub itu ranahnya partai pengusung.

“Komunikasi informal dengan para partai pengusung berjalan dengan baik, namun untuk penetapan dua nama cawagub yang akan diusul ke DPRA tidak bisa dilakukan secara buru-buru karena takutnya ada kendala-kendala psikologis nantinya,” pungkas Nova.

Komentar

Loading...