Nova Iriansyah Yakinkan Masyarakat Aceh Vaksin Aman dan Halal

Nova Iriansyah Yakinkan Masyarakat Aceh Vaksin Aman dan Halal

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Gubernur Aceh, Nova Iriansyah memastikan vaksinasi Covid-19 yang akan dilakukan di Aceh sudah terbukti aman dan halal.

Karenanya ia mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk melakukan vaksin untuk memutus penyebaran covid-19.

Nova mengatakan, vaksinasi bisa diterima karena sudah memenuhi dua syarat penting yaitu sudah diuji klinis dan memperoleh izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan juga sudah mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Yang terpenting bagi kita di Aceh adalah sertifikat halal dari MUI. Kita juga sudah komunikasikan dengan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh dan sudah mendapat restu dan sama pendapat MPU dengan MUI," ucap Nova Iriansyah saat konferensi pers setelah selesai menerima suntikan vaksin, Jum'at (15/1/2021) di RSUZA, Banda Aceh.

Ia menilai vaskinasi merupakan fase terpenting di Aceh namun untuk penaganan kesehatan lainnya seperti 3M dan 3T dan sebagainya masih akan tetap dijalankan.

"Saya tadi divaksin kira-kira setengah jam yang lalu, sampai sekarang saya belum merasa efek apapun. Ya mudah-mudahan tidak ada efek. Biasa-biasa saja yang penting didalamnya vaksinnya bekerja," ungkap Gubernur.

Orang nomor satu di Aceh itu berharap dengan adanya vaksinasi, penyebaran Covid-19 di Aceh segera menurun bahkan segera hilang. Namun demikian, Gubernur mengatakan ia juga tidak bisa memaksa masyarakat untuk harus dilakukan vaksinasi.

"Kalau rakyat menolak tentu undang-undang melindungi juga. Tapi dalam konteks Covid-19 dan wabah ini masif kita tidak hanya berpedoman kepada undang-undang, tapi juga agama. Kalau tidak ada upaya signifikan untuk menghentikan covid, maka covid ini nanti akan sangat panjang dan mudharatnya jauh lebih banyak," tambahnya.

Sementara kepada seluruh aparatur pemerintahan baik pemerintah Provinsi Aceh maupun Kabupaten/Kota, Nova menegaskan vaksinasi wajib dilakukan karena merupakan perintah Presiden langsung.

"Kalau kita merasa sebagai aparatur pemerintah, aparatur negara, perintah presiden harus kita ikuti dan vaksinasi ini harus kita lakukan. Untuk rakyat kebanyakan, kita himbau melalui tokoh-tokoh masyarakat, vaksin ini halal, vaksin ini aman. Oleh karenanya mari kita melakukan gerakan vaksinasi agar covid cepat selesai terutama di Aceh," pungkas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Komentar

Loading...