Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Nikah Lagi Tanpa Izin Istri Sah, Kakek 73 Tahun di Nagan Raya Terancam 5 Tahun Penjara

Nikah Lagi Tanpa Izin Istri Sah, Kakek 73 Tahun di Nagan Raya Terancam 5 Tahun Penjara
Ilustrasi pernihakan. Foto: Internet

SUKA MAKMUE, ANTEROACEH.com - Seorang kakek berinisial TP (73) warga Gampong Blang Bayu, Kecamatan Seunagan Timur, Nagan Raya harus meringkuk di sel tahanan setelah pernikahan sirinya dengan seorang perempuan dilaporkan ke polisi oleh istri sahnya.

Kapolres Nagan Raya, AKBP Risno SIK melalui Kasat Reskrim AKP Fadilah Aditya Pratama SIK mengatakan TP melangsungkan pernikahan siri dengan seorang perempuan berinisial SM warga Gampong Kuta Aceh, Kecamatan Seunagan, pada 29 September 2019 silam.

TP melangsungkan pernikahan itu di sebuah rumah yang terletak di kawasan Gampong Blang Bayu Kecamatan Seunagan Timur.

"Sebelum dilakukakan akad, penghulu sempat memberi pemahaman tentang pernikahan kepada tersangka bahwa pernikahan tidak akan bisa dilakukan secara hukum negara tanpa izin dari istri sah," terang AKP Fadilah kepada anteroaceh.com, Sabtu (11/7/2020) sore.

Namun saat itu tetap bersikukuh menikah dan pernikahan tetap berlangsung dengan dihadiri oleh dua orang saksi.

Kasat Reskrim mengatakan proses hukum terhadap TP terus berlangsung bahkan tersangka dan barang bukti sudah diserahkan ke kejaksaan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya atas dugaan melakukan poligami.

Adapun barang bukti yang disita berupa satu buku nikah suami warna merah bata nomor: 05/05/l/2011, kemudian satu buka nikah istri warna hijau botol nomor: 05/05/l/2011 dan satu lembar surat keterangan nikah yang ditandatangani oleh salah seorang tokoh agama di atas meterai 6000.

"Atas perbuatannya, TP terancam pidana Pasal 279 ayat (1) ke-1e KUHPidana tentang Pernikahan Siri dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun," tutup AKP Fadilah.

Komentar

Loading...