Nasjuddin Diberhentikan Dari Jabatan Sekda Aceh Selatan

Nasjuddin Diberhentikan Dari Jabatan Sekda Aceh Selatan
Bupati Tgk. Amran saat melantik Nasjuddin sebagai staf ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setdakab Aceh Selatan. Foto: Ist

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Selatan Nasjuddin, SH MM diberhentikan dari jabatan karena melakukan pelanggaran disiplin PNS.

Kemudian Nasjuddin dilantik sebagai staf ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setdakab Aceh Selatan, prosesi pelantikan berlangsung di aula Setdakab, Selasa (23/3/2021) pagi.

Pemberhentian Nasjuddin tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur Aceh nomor: 862/07/2021, tertanggal 1 Maret 2021 yang memutuskan pemindahan Nasjuddin dalam rangka penurunan jabatan setingkat lebih rendah karena melakukan pelanggaran disiplin PNS.

SK Gubernur itu keluar berdasarkan surat permohonan Bupati Aceh Selatan ke Gubernur Aceh tertanggal 2 Desember 2020 tentang permohonan pemberhentian Sekretaris Daerah Aceh Selatan atas dugaan pelanggaran disiplin.

Permohonan pemberhentian itu karena Nasjuddin tidak mengikuti uji kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama yang diselengarakan BKPSDM Aceh Selatan pada 12 – 13 Oktober 2020 lalu.

Gubernur Aceh mengeluarkan surat keputusan pemberhentian berdasarkan hasil pemeriksaan tim disiplin Provinsi dan memutuskan sanksi disiplin terhadap Nasjuddin.

Said Azhar Ditunjuk Jadi Plt. Sekda
Mengisi kekosongan jabatan Sekda, Bupati Tgk. Amran menunjuk Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab, Said Azhar sebagai Pelaksana Tugas (Plt).

Penunjukan itu tertuang dalam SK Bupati Aceh Selatan, nomor: 800/01/2021. Said Azhar mengemban amanah itu terhitung 23 Maret 2021.

Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran menjelaskan, pergantian dan pengangkatan Sekda merupakan wewenang Pemerintah Aceh. Apalagi  jabatan Sekda Aceh Selatan sudah melewati lima tahun, dan perlu dilakukan penyegaran. 

"Pergantian Sekda Aceh Selatan ini, kita juga sudah berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta, dan Gubernur Aceh," kata Tgk. Amran.

Ia mengatakan untuk mengisi jabatan Sekda defenitif akan dilakukan Uji Kopentensi (UKom)  JPT Pratama dalam tiga bulan kedepan. 

Untuk diketahui Nasjuddin dilantik 1 Juni 2016 menggantikan Harmaini yang memasuki masa pensiun saat itu. Sebelum menjabat Sekda Aceh Selatan, Nasjuddin merupakan Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (DPKKD) Kabupaten Aceh Singkil.

Komentar

Loading...