Nasdem, PKPI dan Golkar Bakal Gugat Pimpinan DPRK Aceh Selatan ?

Nasdem, PKPI dan Golkar Bakal Gugat Pimpinan DPRK Aceh Selatan ?
Anggota DPRK Aceh Selatan, Zamzami dari PKPI dan Mudasir dari Nasdem

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Pasca diumumkannya empat fraksi DPRK Aceh Selatan dalam rapat paripurna yang digelar Kamis, 7 November 2019 menuai protes dari Fraksi Indonesia Merdeka yang sebelumnya masuk dalam usulan untuk dijadikan fraksi.

Baca: DPRK Aceh Selatan Umumkan Empat Fraksi

Bahkan anggota dewan yang tergabung dalam koalisi Indonesia Merdeka itu berencana menggugat Pimpinan DPRK setempat.

Hal itu diketahui berdasarkan penyampaikan Zamzami yang merupakan anggota dewan sekaligus Ketua Partai PKPI Aceh Selatan.

“Kami fraksi Indonesia Merdeka yang terdiri dari tiga partai: Nasdem, PKPI dan Golkar akan menggugat pimpinan dewan karena menggurkan fraksi Indonesia Merdeka,” ungkap Zamzami melalui pasan WhatsApp, Kamis siang.

Menurut politisi PKPI itu, sesuai PP nomor 12 tahun 2018 menyatakan untuk pembentukan fraksi tersebut tergantung jumlah komisi dan fraksi Merdeka Indonesia sudah layak untuk membentuk fraksi.

“Fraksi Indonesia Merdeka memiliki jumlah 6 kursi yakni: Nasdem 3 kursi, PKPI 2 kursi dan Golkar 1 kursi maka sudah layak untuk jadikan fraksi apalagi Nasdem dan PKPI merupakan partai pemenang pemilu di Aceh Selatan yang berada diperingkat 4 dan 5,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan seharusnya dalam pembentukan fraksi tidak dilakukan voting karena fraksi merupakan perpanjangan partai, jangan samakan dengan alat kelengkapan dewan lainnya, kata Zamzami.

Ia menilai pembentukan fraksi tersebut cacat hukum dan pengumuman fraksi selain fraksi penuh batal demi hokum.

“Seharusnya pembentukan fraksi negosiasi antar ketua partai jika sudah tidak ada alternatif  maka harus duduk kembali dan disepakati seluruh anggota dewan terpilih dalam hal pembentukan fraksi bukan dengan cara memaksakan kehendak sehingga merugikan orang lain,” tegas Zamzami.

Sementara itu, Ketua DPRK Aceh Selatan sementara Amiruddin yang dikonfirmasi melalui telpon mengatakan pihak akan melihat gugutan yang akan dilakukan oleh anggota dewan yang tergabung dalam Fraksi Indonesia Merdeka.

“Kita lihat dulu. Yang jelas kelau mereka siap kita juga siap, karena yang kita umumkan hasil musyawarah mufakat,” terangnya singkat.

Sebelumnya diberitakan DPRK Aceh Selatan mengumumkan empat fraksi yakni Fraksi PNA, Demokrat, Partai Aceh dan Pelangi, sementara itu Fraksi Indonesia Merdeka yang juga sempat diusulkan dinyatakan gugur setelah dilakukan vooting dalam musyawarah mufakat.

Komentar

Loading...